Proses Akusisi Bank Royal oleh BCA Ditargetkan Rampung Kuartal III

Proses Akusisi Bank Royal oleh BCA Ditargetkan Rampung Kuartal III

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) pada hari ini (20/6) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang menyetujui rancangan akusisi sehubungan dengan rencana akusisi atas seluruh saham PT Bank Royal Indonesia (Bank Royal).

“Keputusan (akusisi) disetujui dengan pemegang saham,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Kamis 20 Juni 2019.

Tak hanya itu, pihaknya juga optimis proses ini akan selesai pada kuartal III tahun ini. Setelah itu, Bank BCA mengaku akan mengajukan permohonan izin terkait rencana tersebut kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Dalam dua bulanan lah selesai, kita akan persetujuan ke OJK dan mudah mudahan cepat,” tukas Jahja.

Jahja menjelaskan, dalam proses
akusisi nanti akan dilakukan dengan dua skema yakni pertama BCA akan membeli 2.871.999 saham Bank Royal yang merupakan 99,99% dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor pada Bank Royal.

Lalu pada skema kedua, anak perusahaan BCA yakni PT BCA Finance (BCA Finance) akan membeli 1 saham Bank Royal yang merupakan 0,01% dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor pada Bank Royal.

Setelah proses akusisi selesai, Jahja mengaku masih melihat kondisi pasar nasional untuk rencana penggabungan Bank Royal dengan anak usahanya. Namun pada kesempatan sebelumnya, Jahja pernah menyebut akan menggabungkan Bank Royal dengan BCA Syariah.

“Kita pelajari disamping itu, jadi opsi nya lain banyak. Itu (BCA Syariah) ialah satu opsi,” tukas Jahja. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News