PPA Siap Tambah Pengelolaan NPL Bank Himbara

PPA Siap Tambah Pengelolaan NPL Bank Himbara

Bandung – Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PPA berencana menambah pengelolaan Non Performing Loan (NPL) bank-bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) pada tahun 2020 mendatang. Rencana tersebut akan memperkuat peran PPA sebagai satu-satunya BUMN yang diberikan amanah untuk mengupayakan penyehatan BUMN serta membantu presistemik penyehatan perbankan.

“Kami tidak hanya masuk ke perusahaan sehat atau sektor yang sedang diminati. Kami mencari peluang dan membantu perbankan dengan menangani NPLnya. PPA perlu kembali ke khitah sebagai perusahaan yang mengelola aset eks Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN),” ujar Direktur Utama PPA Iman Rachman di Bandung, Kamis, 14 November 2019.

Menurutnya, saat ini PPA sudah memiliki 2 anak perusahaan sebagai hasil pengelolaan NPL Bank Mandiri yaitu PT Bondi Syad Mulia yang bergerak di bidang galvanizing dan PT Rejeki lnti Logam yang bergerak di bidang aluminium. Ke depannya, PPA akan menjalin kerjasama dengan bank-bank anggota Himbara Iainnya. 

Selain menambah pengelolaan NPL, PPA juga akan memperkuat investasi. Kegiatan investasi PPA menjadi prioritas mulai tahun 2017 dengan meningkatnya penyertaan saham ke perusahaan-perusahaan lintas industri melalui anak usaha yaitu PPA Kapital yang bertindak sebagai private equity. Di samping tetap menjalankan penugasan restrukturisasi/revitalisasi (R/R) BUMN serta kegiatan usaha jasa advismy dan pengelolaan aset. 

Adapun total investasi PPA sampai dengan triwulan II 2019 tercatat sebesar Rp3,1 triliun ditambah dengan pipeline triwulan IV tahun 2019 yang mencapai Rp3,9 triliun. lnvestasi atau pembiayaan terbesar yaitu pada sektor infrastruktur melalui anak perusahaaan yaitu PT Nindya Karya dan penyertaan saham melalui anak perusahaan yaitu PPA Kapital.

Saat ini PPA memiliki 7 (tujuh) cucu perusahaan di bawah PPA Kapital yaitu PT Duta Mentari Raya (pengelolaan CPO), PT Bondi Syad Mulia (galvanizing), PT Sippa Kemasan International (kemasan food grade), PT Magnesium Gosari International (pupuk berbasis dolomite), PT Matoa Kidung Samudra dan PT Matoa Kidung Bahtera (kapal isap produksi timah) serta PT Rejeki lntilogam Jaya (produksi alumunium batangan atau ingot).

Selain melalui anak perusahaan, PPA juga berinvestasi pada perusahaan produsen polypropylene, perusahaan produsen gas a|am, perusahaan pembangkit .Iistrik tenaga mini-hydro, perusahaan pengolahan produk perikanan, perusahaan transportasi udara (helicopter), perusahaan produsen alumunium dan Iainnya. 

Penguatan kegiatan investasi dan pengelolaan NPL Himbara mengarah pada cita-cita PPA ke depan menjadi National Asset Management Company dengan uniqueness, presistemik penyehatan perbankan, agen restrukturisasi dan revitalisasi BUMN dan pengelolaan distressed aset BUMN sehingga menjadikan PPA sebagai simpul sinergi BUMN.

“Ini sesuai dengan visi PPA yaitu menjadi perusahaan investasi terkemuka dan mitra terpercaya dalam restrukturisasi korporasi,” ucapnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News