Potensi Ekonomi Baru Cirebon

Potensi Ekonomi Baru Cirebon

Cirebon–Perlambatan ekonomi yang tengah terjadi sepertinya tak mempengaruhi sektor pariwisata di Cirebon. Lihat saja, sektor pariwisata di wilayah ini tetap bergairah. Hal ini ditandai dengan maraknya pembangunan hotel di wilayah ini. Dalam dua tahun terakhir, setidaknya 30 hotel baru dibangun di Cirebon.

Tak dimungkiri, Cirebon menjadi daerah tujuan wisata yang baru. Beroprasinya tol Cipali sejak tahun lalu membuat wisatawan dari berbagai daerah disekitar Cirebon berdatangan.

“Dengan beroprasinya tol Cipali banyak wisatawan datang untuk berbelanja batik dan wisata kuliner. Biasanya mereka datang pagi lalu pulang sore harinya,” ujar Sultan Cirebon, Arif Natadiningrat.

Tidak hanya sebagai tempat wisata belanja dan kuliner, Cirebon juga menjadi tempat wisata ziarah dan budaya. Setidaknya ada tiga tujuan wisata ziarah yang bisa dikunjungi di wilayah ini seperti makam Sunan Gunung Jati, Masjid Agung Ciptarasa dan Taman Sunyaragi.

“Bahkan Cirebon juga jadi tempat wisata edukasi. Banyak pelajar berkunjung kesini. Mulai dari pelajar SD hingga mahasiswa S2.Mahasiswa dari luar negeri yang melakukan penelitian di sini juga banyak,” imbuh Arif.

Perkembangan Cirebon yang pesat ini bukan tidak mungkin akan mempercepat transformasi Cirebon menjadi kota metropolitan. Nasib Cirebon mungkin memang tidak seberuntung Banten yang kini bisa menjadi provinsi baru. Namun, menurut rencana tata ruang Provinsi Jawa Barat, Cirebon akan menjadi salah satu dari tiga kota metropolis yang akan dikembangkan. Untuk menuju arah tetsebut saat ini telah dibangun pelabuhan dan bandara international dan diprediksi sudah bisa beroprasi pada 2017 mendatang.

“Kawasan industri saat ini juga bergeser ke Cirebon. Karena daerah karawang sudah sangat penuh. Nah ini juga jadi potensi ekonomi,” terang Arif.(*) Novita Adi Wibawanti

70 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.