PLN Pastikan Tarif Dasar Listrik Tidak Naik

PLN Pastikan Tarif Dasar Listrik Tidak Naik

Jakarta–PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan tarif dasar listrik (TDL) tidak akan mengalami kenaikan hingga akhir Juli 2017. Bahkan, listrik diproyeksikan tidak mengalami kenaikan hingga akhir tahun ini.

“Untuk kenaikan TDL belum ada sama sekali hingga Juli 2017. Sampai akhir tahun juga. Penggunaan BBM 4,5 persen‎. Gejolak harga minyak global hampir tidak ada,” kata Direktur Utama PLN Sofyan Basir, di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Selasa 6 Juni 2017.

Tidak adanya kenaikan listrik, menurut Sofyan, sama sekali tidak akan mengganggu kinerja keuangan. Sebab, manajemen melakukan berbagai efisiensi di setiap sektor yang ada.

“Kita terus lakukan efisiensi, untuk jaga profitabilitas. Karena, masih banyak lubang-lubang untuk menutup efisiensi. Ini mudah-mudahan sampai akhir tahun akan tetap sama harganya (tarif listrik),” jelas Sofyan.

Bahkan kenaikan tarif listrik golongan 900 volt ampere (VA), lanjut dia, tidak mempengaruhi profitabilitas perusahaan listrik pelat merah. Sebab, kenaikan itu ada campur tangan dari pemerintah.

“Ini yang kenaikan 900 va itu subsidi pemerintah, kembalikan uangnya ke negara. Itu kan subsidi. Subsidi punya negara, negara tidak bayar lebih, dan tidak ada masalah. Faktanya tidak ada masalah,” tutup Sofyan. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.