Ini 8 Bank Peserta Pilot Project Sustainable Bank OJK

Ini 8 Bank Peserta Pilot Project Sustainable Bank OJK

Nusa Dua–Sebanyak delapan bank menjadi peserta pilot project sustainable bank dalam Roadmap Keuangan Berkelanjutan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dicanangkan pada Desember 2014.

Delapan bank peserta pilot project sustainable bank tersebut antara lain Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Central Asia (BCA), Bank ArthaGraha, BPD Jabar-Banten (BJB), Bank Muamalat, dan Bank BRI Syariah.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad mengungkapkan, nantinya sustainable finance di Indonesia tidak hanya terbatas pada industri perbankan. (Baca juga: Fraud Perbankan Paling Banyak Dilakoni Direksi)

“Seluruh lembaga keuangan akan kita libatkan. Aturannya sudah ada sejak 2014, akan kita ekskalasi aturan dan capacity building aturannya sejak 2014. Kita sudah tahap sosialisaisi aturan itu,” jelasnya di Nusa Dua, hari ini.

Penerapan keuangan berkelanjutan di Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Selama dua tahun setelah roadmap dicanangkan bertujuan untuk meningkatkan awareness di industri keuangan. Dua tahun berikutnya adalah proses perumusan regulasi, setelah itu penerapan regulasi.

“Setelah 2024, green portfolio harus sudah meningkat. Seluruh lembaga keuangan sudah mempunyai platform 3P (people, planet, profit). KPI diubah, harus ditambah aspek-aspek lingkungan,” jelas Direktur bidang Keuangan Berkelanjutan OJK, Edi Setiawan. (*) Happy Fajian

(Baca juga: Keuangan Syariah Solusi Perlambatan Ekonomi Global)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.