Perkuat UMKM dan Domestic Demand Untuk Hadapi Perlambatan Ekonomi

Perkuat UMKM dan Domestic Demand Untuk Hadapi Perlambatan Ekonomi

Jakarta – Prediksi akan terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang mempengaruhi ekonomi Indonesia harus diantisipasi. Menurut Randi Anto, Direktur Utama Perum Jamkrindo, Indonesia harus mampu mempertahankan pasar domestik yang besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi ketika kinerja ekspor tak bisa diharapkan karena turunnya permintaan pasar ekspor. Begitu juga sektor UMKM yang bisa menjadi penopang penting pertumbuhan mengingat kontribusinya yang mencapai 60% terhadap PDB.

“Konsumsi masyarakat yang berkontribusi 56% terhadap PDB harus dijaga pertumbuhannya, dan jumlah pelaku UMKM yang mencapai 60 juta bisa ikut memperkuat menjadi basis produksi agar apa yang dikonsumsi masyarakat tidak tergantung oleh barang impor,” ujarnya kepada infobanknews.com (4/10).

Ia mengatakan, pemerintah sendiri sudah berusaha mendorong perkembangan sektor UMKM yang bergerak di sektor produksi melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang tahun ini diprioritaskan ke sektor produktif dengan porsi mencapai 60% dari target Rp140 triliun. “Jamkrindo menjadi bagian dari skema pengembangan UMKM baik melalui KUR maupun kredit komersial melalui penjaminan kredit untuk mendukung pertumbuhan ekonomi,” jelas Randi.

Menurut Randi, UMKM di sektor produktif menjadi sektor yang penting untuk terus dikembangkan guna memperkuat struktur perekonomian nasional. “Terlebih lagi UMKM yang ada sektor primer seperti pertanian dan pengolahan itu kan mampu menyerap tenaga kerja yang besar, selain perdagangan,” katanya.

Randi menambahkan, apabila Indonesia mampu memanfaatkan berbagai potensi yang dimilikinya seperti UMKM dan domestic demand dengan dukungan kelas menengah yang besar, ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh baik meskipun ada ancaman perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan resesi di sejumlah negara lain. (KM)

Related Posts

News Update

Top News