Perbankan Nasional Siap Ekspansi ke Filipina

Perbankan Nasional Siap Ekspansi ke Filipina

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Banco Sentral Pilipinas (Bank Sentral Filipina) telah melangsungkan penandatanganan kerjasama Letter of Intent. Kerjasama ini merupakan awal perjanjian bilateral sebagai implementasi ASEAN Banking Integration Framework (ABIF).

Dalam kerjasama yang terjalin, tak menutup kemungkinan akan memperluas bisnis perbankan nasional agar dapat ekspansi ke luar negeri.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengungkapkan, kerjasama antar negara Indonesia dan Filipina di bidang ekonomi memang sudah terjalin dengan cukup baik.

“Dan tadi seperti digambarkan, hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Filipina terus berkembang. Sulawesi Utara in particular dengan bagian selatan Filipina juga sudah banyak interaksi ekonominya,” ujar Muliaman, di Jakarta, Minggu 4 Juni 2017.

Muliaman mengungkapkan, kerjasama ini telah mendorong Otoritas Jasa Keuangan untuk mempercepat dan memperkuat jalinan kerjasama antara Indonesia dan Filipina.

Ia juga menambahkan pihaknya memberikan kesempatan kepada perbankan Indonesia untuk membuka kantor cabang di Filipina. Dan saat ini OJK tengah mencari bank mana yang tertarik dan memenuhi syarat untuk membuka kantor cabang di Filipina salah satunya ialah bank Mandiri yang sedang bersiap.

“Bank Mandiri sudah mulai menjajaki, sedang berbicara dengan berbagai partner bisnis. Tapi secara resmi tentu saja belum. Kita pun masih start negotiating sebelum nantinya akan kita tandatangani MoU nya,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.