Perbaikan Peringkat Utang RI, Masih Dorong Penguatan Rupiah

Perbaikan Peringkat Utang RI, Masih Dorong Penguatan Rupiah

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini (22/12) diperkirakan bakal melanjutkan penguatannya, yang masih didorong oleh adanya peningkatan peringkat utang Indonesia dari Fitch Ratings.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia, Ahmad Mikail dalam risetnya, di Jakarta, Jumat, 22 Desember 2017. Menurutnya, nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan bergerak pada rentang Rp13.550 per dolar AS sampai dengan Rp13.569 per dolar AS

“Rupiah diperkirakan menguat. Rupiah diperkirakan masih akan melanjutkan penguatan hari ini pasca peningkatan peringkat oleh Fitch,” ujarnya.

Selain perbaikan peringkat utang RI yang menjadi BBB/outlook stabil, penguatan nilai tukar rupiah juga didorong oleh sentimen dari pergerakan dolar AS yang bergerak dibatas rilis data estimasi PDB AS triwulan ketiga sebesar 3,2 persen atau lebih rendah dari bulan sebelumnya yakni 3,3 persen.

Sebelumnya, Gubernur BI, Agus DW Martowardojo mengatakan, peningkatan rating Fitch tersebut merupakan cerminan dari keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan yang menjadi landasan bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

“Ke depan, BI tetap berkomitmen untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif,” ucapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.