Penyaluran Kredit Apartemen Meikarta Capai Rp8 Triliun

Penyaluran Kredit Apartemen Meikarta Capai Rp8 Triliun

Jakarta- Mega proyek apartemen Meikarta milik Lippo Group memang sedang tersangkut masalah hingga saat ini. Permasalahan tersebut mengakibatkan ratusan calon pemilik apartemen yang telah membeli unit merasa was-was. Asal tahu saja, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan angka kredit perbankan yang tersalur untuk apartemen Meikarta sudah sebesar Rp8 triliun.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edy Purnomo menyebut, Kredit pemilikan Apartemen (KPA) tersebut tersalurkan dari 12 bank yang merupakan bank rekanan Meikarta.

“Portofolio kredit Meikarta itu Rp8 triliun tersebar di 12 bank dan sejauh ini masih lancar bukan macet. Masalahnya bukan debitur tapi Meikarta nya,” kata Edy di Jakarta, Selasa 23 Oktober 2018.

Edy menyebut, hingga saat ini masih terus memantau permasalahan tersebut dan memitigasi resiko kedepannya terhadap perbankan yang telah menyalurkan kredit KPA miliknya ke Meikarta.

“Kitakan diskusi dengan banknya, dengan ownernya, langkah strateginya apa. Jadi kita memitigasi risiko jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” tambah Edy.

Sebagai informasi, terdapat 12 Bank Rekangan Meikarta yang dapat digunakan oleh calon pembeli apartemen Meikarta. Keduabelas bank tersebut ialah NOBU Bank, Bank Victoria, Ciptadana, Bank BJB, Maybank, KEB Hana, Bank BNI, Bank BTN, Bank Artha Graha, ICBC, Panin Bank, dan CIMB Niaga. Namun dirinya memprediksi saluran KPA paling banyak berada pada NOBU Bank yang merupakan grup dari Lippo.

“Data lengkap belum dapat aku, tapi yang udah pasti (paling besar) Bank Nobulah,” kata Edy.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut proyek apartemen Meikarta yang dibangun grup raksasa properti Lippo, karena diduga menyuap pemerintah daerah Kabupaten Bekasi untuk mendapatkan izin pembangunan. KPK telah menetapkan sejumlah tersangka termasuk Direktur Operasional Grup Lippo Billy Sindoro dan juga Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.