Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Lebaran, BTN Siapkan Rp29,5 Triliun

Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Lebaran, BTN Siapkan Rp29,5 Triliun

Jakarta–PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyiapkan uang tunai sebesar Rp29,5 triliun untuk mengantisipasi meningkatnya uang tunai jelang Idul Fitri 1437 Hijriah.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan jumlah uang tunai yang disiapkan mengalami kenaikan dibanding bulan-bulan biasa.

“Kenaikannya mencapai sekitar 33% dibanding bulan-bulan biasa, jumlah uang tunai yang disiapkan tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan nasabah selama kurang lebih sebulan,” kata Maryono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 30 Juni 2016.

BTN menurutnya, menyiapkan kebutuhan uang tunai itu dari 3 minggu sebelum dan 1 minggu setelah lebaran. Persediaan uang tunai itu untuk mengisi 1.830 unit ATM dan 860 outlet di kantor cabang BTN seluruh Indonesia. Sebesar Rp8,85 triliun dialokasikan ke ATM dan selebihnya sebesar Rp20,65 triliun dialokasikan ke outlet kantor cabang di seluruh Bank BTN.

Menurut Maryono peningkatan kebutuhan uang tunai diperkirakan terjadi pada pekan kedua hingga keempat Ramadhan. Pada waktu tersebut, menurut Maryono mulai banyak pencairan dana pembayaran THR serta persiapan mudik dan lebaran. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.