Pendapatan Industri Pemasok Otomotif Diperkirakan Melambat di 2018

Pendapatan Industri Pemasok Otomotif Diperkirakan Melambat di 2018

Jakarta – Berdasarkan laporan “Global Automotive Supplier Study 2018” oleh Roland Berger dan Lazard, walaupun industri pemasok otomotif global terus berkembang di tahun 2017, distrupsi yang disebabkan oleh empat megatrend seperti Shared Mobility, Autonomous Driving, Digitalisasi dan Elektrifikasi terus meningkat.

Melihat hal itu pemimpin perusahaan pemasok perlu mengubah model bisnis mereka sekarang untuk menyikapi perubahan profit pool yang disebabkan oleh empat megatrend tersebut.

Studi ini menganalisis indikator kinerja dari sekitar 650 pemasok di seluruh dunia untuk menilai keadaan industri saat ini, serta tren dan tantangan ke depan.

“Secara umum, sentimen positif tercermin dalam tingkat penilaian pemasok yang masih dapat diperdagangkan di atas rata-rata jangka panjang mereka,” kata Direktur di Lazard, Christof Söndermann, Jumat, 29 Desember 2017.

Pendapatan industri pemasok global diperkirakan masih akan meningkat sekitar 3 persen dibandingkan tahun 2016, serta dapat mempertahankan tingkat profitabilitas dengan marjin EBIT rata-rata sekitar 7,3 persen.

Sementara volume telah mencapai tingkat rekor, pertumbuhan global akan melambat di beberapa daerah, dengan produksi kendaraan ringan di Amerika Utara diperkirakan menyusut 3 persen menjadi 17,4 juta unit pada 2017.

Untuk tahun 2018, diperkirakan para pemasok akan menikmati pertumbuhan pendapatan yang berkelanjutan, namun pada kecepatan yang lebih lambat, sambil mempertahankan margin EBIT yang stabil.

“Tapi empat megatrend di industri otomotif menyebabkan distrupsi di semua domain pemasok,” jelasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.