Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara Jadi Lokasi Ibu kota Baru

Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara Jadi Lokasi Ibu kota Baru

Jakarta — Pemerintah resmi mengumumkan lokasi bakal Ibu Kota Republik Indonesia (RI) yang baru. Dalam akun resmi Instagramnya, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lokasi baru ibu Kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Sebagai bangsa besar yang sudah 74 tahun merdeka, Indonesia belum pernah menentukan dan merancang sendiri ibu kotanya,” tulis Jokowi Senin (26/8).

“Maka, pada siang yang berbahagia ini, saya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan kajian-kajian mendalam, terutama dalam tiga tahun terakhir,” sambung Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ia melanjutkan, bahwa hasil-hasil kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Sebagai informasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta kes satu kota di Kalimantan akan selesai pada tahun 2024.

Bappenas juga memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke kota lain di luar Pulau Jawa sekitar Rp323 triliun hingga Rp466 triliun. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.