Pemindahan Ibu Kota Diklaim Dapat Kurangi Kesenjangan

Pemindahan Ibu Kota Diklaim Dapat Kurangi Kesenjangan

Jakarta–Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional /Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, pemindahan pusat administrasi pemerintahan dari Jakarta ke daerah ke Palangkaraya, Kalimantan lebih untuk pemerataan kesejahteraan di seluruh wilayah Indonesia.

“Lokasi luar Jawa pertimbangannya intinya ingin membantu mengurangi kesenjangan di luar Jawa. Nah kita lakukan dengan ini di mana pemindahan ibu kota ini paling tidak lebih menyeimbangkan ketimpangan antara Kota dan daerah pedalaman,” ungkap Bambang kala menghadiri Rapat Kerja RAPBN 2018 bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Kompleks DPR-RI, Jakarta, Rabu 5 Juli 2017.

Ia mengungkapkan, saat ini pertumbuhan PDB di Jawa telah mencapai 58 persen. Bambang menilai, trennya akan terus meningkat sehingga harus ada upaya untuk memperkuat ekonomi di luar Jawa.

Dihubungi secara terpisah, pengamat kebijakan publik Agus Subagyo menilai pemindahan ibu kota yang gencar dibahas di pemerintah akhir-akhir ini harus dilandasi oleh persiapan yang matang dan kuat. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Pages: 1 2

2 Responses to "Pemindahan Ibu Kota Diklaim Dapat Kurangi Kesenjangan"

  1. Pingback: Proses Pemindahan Ibu Kota Memerlukan Waktu 4-5 Tahun | Infobanknews

  2. Dokter klinik penyakit kelamin   07/07/2017 at 13:41

    yakin bisa di pindahin nih ibukota?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.