Pemerintah Optimis Tekan Tingkat Kemiskinan Hingga 8,9%

Pemerintah Optimis Tekan Tingkat Kemiskinan Hingga 8,9%

Jakarta – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro optimis dapat menekan angka kemiskinan di Indonesia pada tahun 2020 mendatang. Tak tanggung-tanggung, dirinya menargetkan angka kemiskinan pada level 8,9% pada tahun depan.

“Di 2020 target pembangunan ialah menurunkan tingkat kemiskinan pada level 8,9%,” kata Bambang di Kompleks DPR Jakarta, Kamis 13 Juni 2019.

Bambang menambahkan, pemerintah juga menargetkan angka gini ratio pada kisaran 0,75% hingga 0,78% pada 2020 mendatang. Sementara untuk Indeks Pembangunan Manusia ditargetkan dapat mencapai angka 72,5%.

Tak hanya itu, pemerintah juga berupaya untuk menekan angka Tingkat Pengangguran Terbuka pada kisaran 4,8% hingga 5,1%. Bambang mengaku telah menyiapkan strategi guna mencapai target tersebut diantaranya melakukan pemerataan ekonomi daerah.

“Kami mengupayakan mulai ada penyebaran sumber pertumbuhan ekonomi sehingga tidak hanya jawa, yang meyumbang 58 persen PDB,” ucap Bambang.

Tak hanya itu, Pemerintah juga terus berupaya untuk mengembangkan inovasi industri serta memperluas pendidikan vokasi khususnya di luar Jawa untuk mendorong industrialisasi liar pulau Jawa.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan jumlah penduduk miskin per September 2018 mencapai 25,26 juta jiwa atau sebesar 9,66 persen dari total penduduk Indonesia. Jumlah tersebut menurun 280 ribu jiwa dibandingkan dengan total penduduk miskin per Maret 2018 yang mencapai 25,95 juta jiwa. (REZ)

Related Posts

News Update

Top News