Pembagian Tugas Wamen BUMN, Bank di Bawah Koordinasi Tiko

Pembagian Tugas Wamen BUMN, Bank di Bawah Koordinasi Tiko

Jakarta — Menteri BUMN Erick Thohir mengambil langkah cepat dalam meningkatkan kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah. Setelah merekrut dua wakil menteri, yakni Budi Gunadi Sadikin (BGS) dan Kartika Wirjoatmodjo, Erick langsung menugasi mereka untuk melakukan koordinasi antar-BUMN.

Melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor 236/MBU/10/2019 Tentang Pembagian BUMN yang Dikoordinasikan Wamen BUMN, terungkap bahwa tugas Wamen BUMN II melakukan koordinasi terhadap 73 BUMN, di antaranya adalah empat bank BUMN, yakni Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN.

“Saya kan pasti banking, asuransi, core asuransi. Ditambahi tugasnya sama Pak Erick di infrastruktur, sama mungkin di wilayah pertanian dan perkebunan,” tutur Kartika yang akrab dipanggil Tiko di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain bank-bank BUMN, mantan dirut Bank Mandiri itu juga bertugas mengawasi kinerja BUMN seperti Garuda Indonesia, Perum Perhutani, Pelindo, Pos Indonesia. Di industri keuangan di antaranya ada Askrindo, Perum Jamkrindo, Pegadaian dan Jasa Raharja.

Sementara itu posisi Wamen BUMN I bakal diemban BGS, yang di antaranya mengawasi Pupuk Indonesia, Semen Indonesia, Pertamina, Krakatau Steel, dan PLN. Total mantan dirut Inalum ini akan mengawasi kinerja 48 BUMN. 

Adapun berikut daftar lengkap BUMN yang dikoordinasikan oleh masing-masing Wamen:

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.