Pelindo Gelar Program BUMN Untuk Negeri di Kalteng

Pelindo Gelar Program BUMN Untuk Negeri di Kalteng

Palangkaraya – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) menggelar serangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Ke-71 RI di Kalimantan Tengah. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Yon Irawan mengatakan, program BUMN Hadir Untuk Negeri adalah program yang melibatkan seluruh perusahaan BUMN di Indonesia. BUMN  ditugaskan untuk melaksanakan serangkaian
kegiatan pendukung program BUMN Hadir Untuk Negeri yang melibatkan masyarakat di dalamnya.

Kegiatan dimaksud diantaranya jalan sehat, pesta kuliner kaki lima, perlombaan, pasar sembako murah, upacara bendera, dan pemutaran film animasi anak.  Kegiatan jalan sehat sendiri dilaksanakan pada hari ini.

“Kami juga melakukan bedah rumah bagi Veteran RI yang jumlahnya mencapai 50 unit rumah, perbaikan fasilitas MCK dan air bersih, pelatihan pengelolaan pakan ternak, pemberian bantuan pelatihan keterampilan untuk mantan atlet berprestasi, pembinaan mantan narapidana, dan pemasangan sambungan listrik gratis,” jelas Yon.

Yon menambahkan, beberapa kegiatan akan dilaksanakan di luar kota Palangka Raya, seperti bedah rumah veteran yang akan dilaksanakan di Palangka Raya, Kumai, Sampit dan Pangkalan Bun.  Perbaikan fasilitas MCK dan air bersih yang salah satunya akan dilaksanakan di Sampit serta penyambungan listrik warga di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

“Untuk pembinaan atlet dan mantan narapidana kami telah koordinasikan dengan pihak terkait, yakni KONI untuk atlet, dan Kemenkumham untuk mantan narapidana.  Mereka akan diberi pelatihan oleh Dinas Sosial Provinsi Kalteng dengan total mencapai 13 orang,” jelasnya.

Pelindo III juga akan menyelenggarakan kegiatan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2016 yang melibatkan seluruh kantor BUMN di Palangka Raya.  Kegiatan upacara juga akan dirangkai dengan kegiatan penjualan sembako murah sejumlah 1.000 paket yang akan dijual di Palangka Raya dan Sampit.

“Paket sembako murah berisi 10 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, dan 2 kilogram gula kami jual kepada masyarakat dengan harga Rp25 ribu,” ucap Yon.

Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra menyebut jika program BUMN Hadir Untuk Negeri merupakan wujud nyata keberadaan BUMN di tengah-tengah masyarakat.  Sebagai perusahaan milik negara, BUMN juga memiliki peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Ada 118 BUMN yang kami tugaskan di 34 provinsi untuk menyambut dan memeriahkan HUT Ke-71 RI.  Kami berharap semangat kemerdekaan tidak hanya hadir di kota-kota besar saja tapi juga di daerah,” jelasnya.(*)

Related Posts

News Update

Top News