Pekan Kedua Juni 2017, Inflasi Tahunan Sentuh 4,17%

Pekan Kedua Juni 2017, Inflasi Tahunan Sentuh 4,17%

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juni 2017 menunjukkan inflasi sebesar 0,5 persen (month to month/mtm). Angka inflasi ini berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan BI hingga pekan kedua bulan ini.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo, di Jakarta, Jumat, 16 Juni 2017 mengatakan, dengan laju inflasi bulanan di Juni yang sebesar 0,5 persen hingga pekan kedua ini, maka inflasi secara tahunan (year on year/yoy) di bulan ini sebesar 4,17 persen atau lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yakni 4,33 persen.

“Kami harao inflasi masih seperti survei kami terakhir yakni 4,17 persen (yoy) Juni, tapi ini Survey minggu kedua. Bulan laku kan inflasi 4,33 persen (yoy). Kalau Juni ini (yoy) nya bisa 4,17 persen ini sejalan dengan target kami 4 persen plus minus 1 persen,” ujarnya.

Dia menilai, laju inflasi terus menunjukkan perbaikan. Hal ini sejalan dengan kajian yang dilakukan BI pada Mei 2017 menunjukkan bahwa inflasi hingga akhir tahun ini akan berada pada kisaran 4,36 persen. Angka ini mengalami penurunan dari kajian BI sebelumnya yang memprediksi inflasi sebesar 4,63 persen di 2017.

“Kami sekarang lihat kami di kajian kami bahwa baseline kami untuk inflasi menunjukan kondisi yang baik. Kami hargai upaya yang dilakukan pemerintah pusat, daerah untuk jaga infalsi. Inflasi yang kami kaji 2 hari lalu kami evaluasi kami yakin infalsi dalam keadaan aman karena pasokan barang terjaga,” ucapnya.

Lebih lanjut dia meyakini, laju inflasi di bulan Ramdhan dan Jelang Lebaran tahun ini akan lebih terjaga. “Kami yakin seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kepolisian semua menjaga. kami lijat inflasi terjaga, pasokan terjaga, istribusi terjaga,” tutup Agus. (*)

Related Posts

News Update

Top News