Paket Besar Kebijakan Ekonomi, Pemerintah Harus Punya Terobosan Baru

Paket Besar Kebijakan Ekonomi, Pemerintah Harus Punya Terobosan Baru

Terobosan baru diperlukan untuk membangkitkan optimisme dunia usaha. Apriyani Kurniasih.
Jakarta–Pemerintah akan mengeluarkan satu paket besar kebijakan ekonomi untuk memperbaiki kondisi perekonomian nasional. Rencananya, paket kebijakan tersebut akan dirilis minggu depan.

Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) berpendapat, harus ada terobosan baru dalam paket besar untuk membangkitkan optimisme dunia usaha..

“Kalau hanya repackaging bahan dari yang sudah-sudah atau yang lama, ya bisa anti klimaks lagi. Kita harapkan ada terobosan baru dan mampu bangkitkan optimisme dunia usaha dan pasar,” ujar Ketua Umum BPP Hipmi, Bahlil Lahadalia melalui siaran persnya di Jakarta.

Bahlil berharap, kebijakan besar yang akan diambil pemerintah tidak bisa hanya biasa-biasa saja atau sekedar memoles-moles apa yang sudah ada. Namun ada sesuatu yang besar, baru, bersifat fundamental, konkrit, dan berdampak langsung dalam jangka pendek sehingga dunia usaha dan pasar merespon secara positif bahkan antusias memperkuat ekonomi dan investasi domestik.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, paket-paket ekonomi hanya disambut dingin oleh investor, dunia usaha, dan pasar. Bahlil mencontohkan, dipaket-paket sebelumnya tidak ada terobosan disektor pembiayaan. Meskipun insentif fiskal  sudah berjubel, namun pembiayaan dari lembaga keuangan tetap saja seperti seperti biasa.

“Harapannya, cakupan paket kebijakan (yang akan diterbitkan oleh pemerintah) ini tersinergi dengan lembaga-lembaga seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia, agar kebijakan nantinya dapat lebih feasible secara makro prudensial namun juga dapat mendorong sektor peran keuangan lebih ekspansif” pungkas Bahlil.

Related Posts

News Update

Top News