Jokowi Luncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan di GIIAS 2018

Jokowi Luncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan di GIIAS 2018

Jakarta — Gaikindo Indonesia International Automotive Show (GIIAS) 2018 resmi digelar dari 2 Agustus hingga 12 Agustus 2018. Turut hadir dalam pembukaan GIIAS 2018 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga turut meluncurkan alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Peluncuran AMMDes tersebut dilakukan berbarengan dengan opening ceremony GIIAS ke-26 di Indonesia Convention Exhibition BSD City.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo juga mengingatkan pelaku industri otomotif agar tetap bekerja keras dengan inovasi, apalagi saat ini ada tiga tantangan besar, yakni semakin meluasnya fenomena mobil listrik, disrupsi teknologi dan perubahan siklus pasar otomotif global.

“Saya menyambut baik peluncuran AMMDes pada hari ini karena ada inovasi dan kaitannya ke industri hulu sangat banyak,” tutur Presiden Joko Widodo sesaat sebelum meluncurkan AMMDes di Indonesia Convention Exhibition BSD City, Kamis 2 Agustus 2018.

Baca juga: Astra Financial Hadirkan Beragam Solusi Keuangan di GIIAS 2018

AMMDes merupakan program Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin RI) yang sejalan dengan semangat Nawa Cita Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari wilayah terluar, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis melalui penyediaan AMMDes.

AMMDes sendiri didesain, dikembangkan, dan diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) yang merupakan anak perusahaan PT Velasto Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit usaha PT Astra Otoparts Tbk. Melalui KMWI, AMMDes memiliki 2 fungsi, yaitu  sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.

Dengan fungsi tersebut, AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off (PTO-mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO. Untuk unit AMMDes yang memiliki fasilitas PTO yang terintergrasi dapat diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan berbagi peralatan lainnya.

Tak hanya itu, AMMDes memiliki tingkat kandungan komponen lokal mencapai 70%, KMWI melibatkan 71 vendor yang meliputi vendor lokal sebanyak 69 vendor (38 IKM; 15 Astra; 16 non Astra) serta 2 vendor asing untuk menyediakan 189 komponen penyusun AMMDes. (*)

Related Posts

News Update

Top News