OJK Luncurkan OJK Proksi

OJK Luncurkan OJK Proksi

Jakarta–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Pusat Pengembangan Keuangan Mikro dan Inklusi (OJK Proksi) sebagai pusat pengembangan keuangan mikro dan inklusi keuangan di Indonesia

“Ini nanti jadi pusat pengembangan tidak hanya pemerintah kita ajak universitas, lembaga internasional, lembaga donor, pemerintah daerah, bankers, penggiat koperasi karena banyak sekali produk keuangan yang tumbuh terutama saat ini tumbuh fintech itu bisa menjadi salah satu topik yang didiskusikan karena merupaakan upaya pengembangan akses keuangan,” kata Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 15 Maret 2016.

Menurutnya Indonesia sudah berpengalaman dengan keuangan mikro sejak dulu, namun masih banyak persoalan yang dihadapi. Oleh karena itu menurutnya upaya membuka akses keuangan baru merupakan setengah jalan selanjutnya diperlukan pemberdayaan masyarakat.

OJK Proksi akan mengembangkan pengetahuan dan menyediakan terobosan-terobosan model bisnis di bidang keuangan mikro dan inklusi keuangan yang tidak hanya di tataran konsep tapi benar-benar implementatif dan dapat digunakan dengan baik oleh para pelaku industri, ahli keuangan, akademisi, dan komunitas global. OJK Proksi akan melakukan berbagai riset tematik, pembentukan pusat data dan pengembangan sistem informasi Lembaga Keuangan Mikro (LKM), penerbitan publikasi, pelatihan, serta kajian peraturan dan kebijakan, pelaksanaan seminar dan berbagai kegiatan lainnya.

Sejumlah lembaga internasional seperti Asian Development Bank (ADB), Islamic Development Bank (IDB), International Finance Corporation (IFC) dan sejumlah lembaga internasional lainnya mendukung peluncuran OJK Proksi ini. (*)

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News