Dorong Industri Keuangan, OJK Gandeng AIFC

Dorong Industri Keuangan, OJK Gandeng AIFC

Jakarta–Dalam rangka menunjang perkembangan industri jasa keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyepakati kerja sama dengan Astana International Financial Centre (AIFC), sebuah lembaga keuangan dari Kazakstan.

Adapun kesepakatan kerja sama tersebut ditandatangani oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad bersama dengan Gubernur AIFC, Kairat Kelimbetov, di Jakarta, Kamis, 29 September 2016.

Muliaman menjelaskan, kerja sama ini dalam rangka mendukung pengembangan mekanisme pengawasan keuangan yang baik dan pasar keuangan konvensional maupun syariah dengan saling berbagi pengetahuan dan keahlian market conduct pada pengawasan institusi keuangan.

“Serta pengembangan produk dan dan pasar keuangan, manajemen krisis dan resolusi institusi keuangan, reformasi pengawasan global dan kerjasama pada fora internasional dan lain-lain,” ujarnya.

AIFC dibentuk pada tahun 2015 sebagai inisiatif Presiden Kazakstan, Nursultan Nazarbayev untuk menjadikan Kazakstan sebagai pusat finansial terdepan dan hub keuangan untuk negara-negara Asia tengah, Caucasus, EAEU, Timur Tengah, Cina Barat, Mongolia dan Eropa.

AIFC dirancang untuk dapat menarik investasi asing, membuka sektor perbankan, mempermudah masuknya bisnis perusahaan asuransi dan institusi keuangan syariah ke Kazakstan serta untuk memikat leaders dunia jasa keuangan yang akhirnya dapat menyokong Kazakstan membangun best practice, menciptakan stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi Kazakstan. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News