Dalam 2 Hari, Nilai Bitcoin Turun Hingga US$1.000

Dalam 2 Hari, Nilai Bitcoin Turun Hingga US$1.000

London – Nilai Bitcoin turun di bawah US$ 7.000 pada Jumat kemarin. Diduga, penurunan disebabkan oleh aksi beberapa pedagang yang melepaskan bitcoin untuk menukarnya dengan bitcoin cash yang nilainya hanya sepertiga dari bitcoin.

Bitcoin mengalami peningkatan tujuh kali lipat sejak awal tahun ini.

Mata uang digital ini mencapai rekor tertinggi sebesar US$ 7.888 pada Rabu lalu, setelah adanya rencana upgrade software yang dapat memisahkan cryptocurrency yang disebut “Fork” dihentikan.

Tidak berlangsung lama, nilai bitcoin kembali turun ke level US$ 6.718 pada Jumat lalu. Bitcoin sempat kembali naik US$ 6.880, meski masih turun hampir 4 persen pada hari itu.

“Nilai Bitcoin turun naik,” kata Thomas Bertani, chief executive Eidoo, penyedia cryptocurrency wallet, seperti dikutip dari Reuters.

Ia menambahkan, pasar menyadari bahwa kenaikan harga terlalu tinggi, jadi orang mulai menjual, (dan) ada banyak situasi yang memperkuat pergerakan harga.

Berdasarkan data Coinmarketcap, saat bitcoin jatuh, Bitcoin Cash yang dihasilkan dari pemecahan perangkat lunak lain pada Agustus.1, melonjak. Bitcoin cash diperdagangkan naik sebanyak 35 persen menjadi sekitar US$ 850.

Transaksi Bitcoin Cash diproses dalam “blocks” dengan kapasitas yang lebih besar daripada bitcoin. Teorinya, Bitcoin cash memungkinkan lebih banyak ditransaksikan pada waktu tertentu, sehingga biaya transaksi menjadi lebih murah.

The Fork yang telah direncanakan minggu depan, yang dikenal sebagai “SegWit2x”, juga dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas blocks. Dengan demikian dapat mengurangi biaya untuk transaksi bitcoin.

Para investor yang melihat bahwa bitcoin lebih sebagai mata uang, mungkin memilih untuk membeli Bitcoin Cash sekarang. Bertani mengatakan, hal itu karena Segwit2x telah dibatalkan.

“Orang yang telah mendukung Segwit2x sebagai alternatif pindah ke Bitcoin Cash,” katanya.

Bertani menambahkan, ada alasan bagus untuk percaya bahwa Bitcoin Cash bisa menjadi alternatif bagi orang-orang yang percaya bahwa biaya rendah pada transaksi bitcoin dibutuhkan saat ini.(*)

621 total views, 10 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.