Muliaman Resmi Jadi Dubes RI Untuk Swiss

Muliaman Resmi Jadi Dubes RI Untuk Swiss

Jakarta –┬áMantan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Darmansyah Hadad resmi ditunjuk menjadi Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Swiss merangkap Liechtenstein.

Muliaman bersama 16 duta besar lainnya telah dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Jakarta, Selasa, 20 Februari 2018. Muliaman yang ditunjuk sebagai Duta Besar RI di Swiss, sudah terdengar beberapa waktu lalu.

Muliaman yang lahir di Bekasi 57 tahun silam meraih gelar Phd Ekonomi dan Bisnis dari Monash University, Melbourne, Australia tersebut baru saja menunaikan masa baktinya di OJK yang selesai pada pertengahan tahun lalu.

Penunjukan Muliaman sebagai Dubes RI untuk Swiss menggantikan Linggawaty Hakim yang sudah bertugas sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Konfederasi Swiss merangkap Keharyapatihan Liechtenstein pada tanggal 11 Februari 2014.

Baca juga: Muliaman Hadad Dicalonkan Jadi Duta Besar RI di Swiss

Sebagai informasi, pemilihan atau penunjukkan Kepala Perwakilan atau Duta Besar RI untuk negara-negara sahabat merupakan hak prerogatif Presiden. Namun DPR tetap andil dengan memberikan pertimbangan terhadap tiga hal, yaitu wawasan, keterampilan lain, dan persyaratan lain seperti sikap dan administrasi.

Muliaman merupakan Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia yang kemudian menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner perdana bagi OJK di periode 2012-2017. Muliaman mulai menjabat di BI pada 1986 sebagai staf umum di Kantor BI cabang Mataram.

Pada 1990, dirinya mengambil pendidikan S2 di John F Kennedy School of Government, Harvard University, USA dan memperoleh gelar Master of Public Administration pada 1991. Selanjutnya pada tahun 1996, Muliaman mendapatkan gelar Doctor of Philosophy dari Faculty of Bussines and Economics, Monash University, Australia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.