Cadangan Devisa RI Turun USD4 Miliar di Mei 2019

Cadangan Devisa RI Turun USD4 Miliar di Mei 2019

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengumumkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Mei 2019 sebesar USD120,3 miliar atau mengalami penurunan hingga USD4 miliar dari posisi akhir April 2019 yang tercatat sebesar USD124,3 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Onny Widjanarko mengatakan, penurunan cadangan devisa pada Mei 2019 tersebut terutama dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan berkurangnya penempatan valas perbankan di Bank Indonesia.

“Ini sebagai antisipasi kebutuhan likuiditas valas terkait siklus pembayaran dividen beberapa perusahaan asing dan menjelang libur panjang lebaran,” ujar Onny dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 13 Juni 2019.

Namun demikian, lanjut dia, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Mei 2019 tersebut masih cukup tinggi atau  setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Ke depan, Bank Sentral memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik,” ucapnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News