ADB Dukung Pertumbuhan Ekonomi Inklusif di RI

ADB Dukung Pertumbuhan Ekonomi Inklusif di RI

Jakarta–Asian Development Bank (ADB) siap mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia . Lembaga organisasi dunia ini telah menyetujui Strategi Kemitraan (Country Partnership Strategy/CPS) dengan Indonesia untuk periode 2016-2019, dengan menetapkan program dukungan yang mengarah ke pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia dan memberi manfaat bagi semua penduduk dan daerah.

Kemitraan baru ADB bersama Indonesia ini akan membantu melanjutkan perkembangan ekonomi dengan upaya menuju pertumbuhan ekonomi inklusif dan menjaga kelestarian lingkungan, yang dicapai melalui peningkatan infrastruktur, perbaikan tata kelola dan manajemen sektor publik, serta peningkatan pendidikan dan keterampilan.

“Indonesia telah mencapai kemajuan sosial, ekonomi dan politik yang luar biasa sejak kemerdekaannya 7 dekade yang lalu,” ujar Wakil Kepala Perwakilan ADB di Indonesia, Sona Shrestha dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 21 Oktober 2016.

Menurutnya, ADB akan meningkatkan investasi di bidang infrastruktur untuk mendukung target Pemerintah yang ambisius. Dukungan ADB dalam infrastruktur energi akan mendorong keandalan dan efisiensi jaringan listrik nasional, serta mengedepankan sumber energi yang lebih bersih seperti panas bumi dan gas alam.

Sementara guna meningkatkan pendapatan di perdesaan, dukungan ADB di bidang ini akan berfokus pada irigasi, pasokan air, dan tanaman panen bernilai tinggi. Di tingkat kota, masyarakat miskin perkotaan akan memperoleh manfaat dari peningkatan manajemen saluran pembuangan dan air limbah.

“ADB akan mendukung reformasi fiskal untuk memperbaiki tata kelola belanja pemerintah, dan pengadaan layanan bagi kalangan yang paling membutuhkannya,” ucap Sona. (Selanjutnya : ADB dukung perbaikan iklim investasi di Indonesia..)

Related Posts

News Update

Top News