Mochtar Riady Curhat Diajak Ngobrol 13 Jam oleh Jack Ma

Mochtar Riady Curhat Diajak Ngobrol 13 Jam oleh Jack Ma

Jakarta — Nama Jack Ma boleh jadi sedang booming diperbincangkan, karena keberhasilannya membangun perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba.

Namun siapa sangka pebisnis berkebangsaan China yang merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group itu ternyata juga mengagumi sosok Mochtar Riady.

Bahkan saking kagumnya, Jack Ma pun mengundang salah satu bankir senior di Indonesia ini untuk bincang-bincang dan bertukar pikiran. Hal itu diakui Mochtar Riady. Tidak tanggung-tanggung, obrolan pun dilalui keduanya hingga mencapai 13 jam.

“Saya diundang Jack Ma, dan saking senangnya kita bincang-bincang dari pukul 8:30 sampai 9:30 malam,” kata Mochtar di acara peluncuran buku Infobank Top 100 Bankers di Jakarta, Selasa, 28 November 2017.

Namun apa yang diobrolkan keduanya hingga malam tersebut? Mochtar pun bercerita obrolan yang dilakukan lebih kepada menceritakan kisah suksesnya dalam membangun bisnis. Khususnya dimulai saat ia menjadi seorang bankir.

Mochtar mengaku ia bercerita banyak kepada Jack Ma akan kisahnya mulai dari membangun Bank Buana, Bank BCA dan Bank Panin.

Sekadar informasi, kesuksesan Mochtar di Bank Buana yakni ia berhasil membuat Bank bank Buana bertahan dari keterpurukan dan menjadi bank dengan kondisi keuangan yang sehat. Padahal pada waktu itu banyak bank yang bangkrut karena tidak bisa bertahan di tengah kondisi perekonomian Indonesia belum stabil.

Kesuksesan lainnya yang dilakoni Mochtar yakni membuat BCA berkembang pesat dan mendorong Bank Panin jadi sebuah bank devisa pertama pasca Bank Kemakmuran, Bank Industri Dagang Indonesia, dan Bank Industri Jaya dilebur jadi satu. (*)

1,568 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.