Mengamati Akuntansi Sektor Publik

Mengamati Akuntansi Sektor Publik

Perkembangan akuntansi sektor publik di Indonesia sebelum era reformasi dapat dinilai kurang pesat. Orientasi pembangunan lebih banyak diarahkan pada pembangunan sektor industri (bisnis) dan cenderung mengabaikan pembangunan sektor publik. Akibatnya, sektor publik kurang efisien dan tertinggal oleh sektor swasta.

Dengan adanya era reformasi, terdapat tuntutan untuk meningkatkan kinerja organisasi sektor publik agar lebih berorientasi pada terciptanya good public and corporate governance. Akuntansi sektor publik memiliki peran yang strategis dam sentpal dalam mewujudkannya.

Mengamati perkembangan akuntansi sektor publik di negara-negara maju dan membandingkannya dengan praktik yang ada di Indonesia, hal inilah yang memotivasi Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Ak., CA untuk memberikan sumbangan pemikirannya dalam bukunya yang berjudul Akuntansi Sektor Publik Edisi Terbaru.

Disajikan dalam 280 halaman, pembahasan ini akan dibagi menjadi tiga komponenen, yakni akuntansi manajemen yang meliputi peran dan konsep sektor publik, strategic planning, konsep anggaran sektor publik dan jenis-jenis anggaran sektor public, teknik penilaian, penentuan harga, dan penilaian kinerja, dan lainnya. Pembahasan kedua adalah tentang akuntansi keuangan sektor publik yang meliputi teknik-teknik akuntansi keuangan sektor publik, basis akuntansi keuangan, dan pokok bahasan terakhir adalah konsep serta proses auditing sektor publik.(*)

 

Judul                                       : Akuntansi Sektor Publik – Edisi Terbaru

Penulis                                    : Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Ak., CA

Jumlah Halaman                  : 280 halaman

Penerbit                                  : ANDI Yogyakarta

Tahun Terbit                          : 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.