Meneropong Saham Barito Pacific

Meneropong Saham Barito Pacific

Jakarta – PT Barito Pacific Tbk (BRPT) optimistis merampungkan akuisisi Star Energy Group pada kuartal I-2018. Barito menyiapkan dana sebesar USD700-800 juta untuk membiayai transaksi akuisisi dan keperluan lainnya.

Karena itu, perseroan mengkaji tiga opsi untuk pembiayaan, yaitu penerbitan obligasi, rights issue, atau malah kombinasi dari keduanya.

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang menjelaskan, akuisisi Star Energy bakal berdampak besar terhadap Barito. Nilai aset akan meningkat drastis.

Selain itu, akuisisi dapat menaikkan pendapatan dan laba bersih perseroan dalam jangka panjang, sehingga aliran kas menjadi lebih stabil. Menurut Edwin, skema pendanaan yang paling ideal melalui penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

“Pada dasarnya, struktur permodalan baik dari rights issue maupun obligasi dinilai baik, namun perseroan perlu memperhitungkan imbal hasil yang mungkin diterima investor,” kata Edwin di Jakarta, Selasa, 18 Oktober 2017.

Dia yakin, pemegang saham maupun investor tertarik dengan adanya penawaran tersebut. Sebab, dana hasil penambahan modal bisa memperkuat perusahaan secara fundamental. Terlebih, kebutuhan terhadap geothermal masih prospektif dalam jangka panjang. “Investor appetite bisa mencapai 66%-70%. Ditambah dengan kepemilikan Chandra Asri, harga saham Barito Pacific akan naik,” kata dia. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Related Posts

News Update

Top News