Menanti Kebangkitan Sektor Tambang

Menanti Kebangkitan Sektor Tambang

Beberapa hari terakhir sektor tambang bergerak menguat signifikan dengan ditandai melonjaknya harga saham Antam, Tambang Batubara Bukit Asam, Elnusa dan Indika Energy. Apakah ini menjadi tanda sektor tambang sudah mulai bangkit? Dwitya Putra

LAJU Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pekan lalu masih relatif stabil, meski sempat terkoreksi akibat aksi profit taking atau ambil untung yang dilakukan investor terhadap saham unggulan.

Terbukti hingga perdagangan akhir pekan kemarin posisi indeks masih bertahan di level 4.800-an atau tepatnya 4,813.77.

Menguatnya harga minyak dunia dan positifnya roda ekonomi dalam negeri yang ditandai dengan menguatnya nilai tukar rupiah menjadi salah satu penopangnya.

Mengutip riset Samuel Sekuritas Indonesia, Senin, 14 Maret 2016,sepanjang pekan kemarin harga minyak telah menguat sebanyak 7,6% di harga USD38,5/ barel. Kondisi tersebut tak ayal membuat laju saham berbasis tambang bergerak kencang.

Buktinya berdasarkan data yang dipublikasi bursa, pada perdagangan pekan lalu hanya terdapat dua sektoral saham yang tercatat menguat diatas 3%, yakni sektor tambang sebesar 3,29% dan perkebunan 6,04%. Sementara sektor yang tahan banting seperti konsumer pekan lalu tercatat anjlok 4,51%.

Terakhir, pada perdagangan saham sesi I siang ini, saham Antam tercatat naik 2,92% ke Rp458, Tambang Batubara Bukit Asam naik 1,59% ke Rp6.400, Elnusa naik 5,63% ke Rp338  dan Indika Energy melonjak 7,50% ke Rp215.

Hal ini menjadi salah satu catatan tersendiri apakah sektor tambang sudah mulai bangkit ataukah hanya sesaat, ditengah menguatnya harga minyak dunia.

Senior Research HD Capital, Yuganur Wijanarko dalam riset mingguannya merekomendasi beberapa sektor pertambangan mineral seperti emas, nickel, timah. Karena harga komoditas mulai bottoming pasca Fed menaikan suku bunga.

Kondisi tersebut dinilai memberikan kepastian investasi secara global baik untuk komoditas dan bursa saham kedepan.

“Secara teknikal saham ANTM, INCO, TINS, PTBA dan ADRO menarik untuk akumulasi menunggu siklus kenaikan berikutnya,” kata Yuganur dalam risetnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News