Maybank Luncurkan RISE Untuk Penyandang Disabilitas

Maybank Luncurkan RISE Untuk Penyandang Disabilitas

Jakarta – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) bersama dengan Maybank Foundation mengembangkan program pemberdayaan ekonomi bagi komunitas penyandang disabilitas bertajuk “Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship” (RISE).  Peluncuran program RISE dilakukan Chairman Maybank Group Tan Sri Dato’ Megat Zaharuddin Megat Mohd. Nor, Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria, CEO Maybank Foundation Shahril Azuar Jimin, dan anggota Board of Trustee Maybank Foundation Umar Juoro dengan disaksikan Direktur Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Kecacatan, Kementerian Sosial Republik Indonesia, Nahar di Jakarta.

Program RISE merupakan program pembinaan kewirausahaan (entrepreneur mentorship) dan keuangan serta mentoring yang terstruktur kepada para penyandang disabilitas yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mereka sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya.  Dalam pelaksanaan program ini, Maybank Indonesia dan Maybank Foundation menjalin kemitraan dengan People Systems Consultancy.

Pada tahap awal, program RISE memberikan pembinaan kewirausahaan untuk 200 penyandang disabilitas, terdiri dari 90 penyandang disabilitas di Jakarta dan akan disusul dengan 110 penyandang disabilitas di Yogyakarta mulai pertengahan Agustus 2016.  Di Jakarta, program ini telah berlangsung sejak 26 April 2016 di Dinas Sosial Pondok Bambu dan 2 Mei 2016 di Dinas Sosial Gunung Sahari. Melalui dua pilot project yang dilakukan tersebut, sebanyak 40% peringkat terbaik dari penyandang disabilitas, yang mengikuti program ini, telah berhasil memulai/meningkatkan kapabilitas usaha.

Selanjutnya, dalam tiga tahun ke depan program RISE  diproyeksikan untuk dapat memberikan pelatihan kepada 2.000 penyandang disabilitas di sedikitnya 5 (lima) kota di Indonesia.

“Pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus corporate responsibility Maybank Indonesia.  Sejalan dengan misi humanising financial services, kami memiliki komitmen untuk selalu berada di tengah komunitas serta tumbuh dan berkembang bersama komunitas, termasuk komunitas penyandang disabilitas.  Komitmen ini juga menjadi bagian dari upaya Maybank Indonesia untuk memberikan kontribusi positif dalam mendukung pemberdayaan komunitas penyandang disabilitas yang dilakukan melalui pengembangan ekonomi kreatif, selaras dengan upaya mendukung program pengembangan ekonomi kreatif di tanah air,” kata Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria.

Sementara, Chairman Maybank Group, Tan Sri Dato’ Megat Zaharuddin Megat Mohd. Nor mengatakan melalui program RISE, Maybank Group turut mendukung upaya membangun komunitas berdikari, dengan menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan berdampak positif bagi masyarakat. “Selaras dengan misi kami, humanising financial services” ujarnya.

Implementasi program RISE di Malaysia yang dilaksanakan sejak September 2014 berhasil mencapai kesuksesan di mana pada April 2015, berhasil meraih 411,7% rata-rata kenaikan pendapatan dari 40 peserta terbaik. Program RISE telah diikuti lebih dari 1.300 peserta di Malaysia dan Indonesia telah diputuskan menjadi negara untuk mengembangkan program ini selanjutnya.  Di regional, pada implementasi Tahap 2, program RISE diproyeksikan untuk menjangkau total 1.800 penerima manfaat yang berasal dari tiga negara, masing-masing 1.400 dari Malaysia, 200 dari Indonesia dan 200 dari Filipina.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.