Mandiri Capital Alokasikan Rp550 Miliar Untuk Fintech

Mandiri Capital Alokasikan Rp550 Miliar Untuk Fintech

Jakarta–PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) manargetkan akan membiayai para pelaku perusahaan rintisan atau startup yang dibinanya. Tak tanggung-tanggung MCI akan mengalokasikan dana Rp550 miliar hingga akhir tahun 2017 ini untuk pengembangan fintech.

“Guna pembiayaan Fintech kita sendiri telah menyiapkan alokasi dana senilai Rp550 miliar,” ungkap Eddi Danusaputro selaku Chief Executive Officer (CEO) Mandiri Capital di Jakarta, Jumat, 16 Juni 2017.

Dari total modal tersebut, Rp350 miliar berasal dari dana kas perseroan. Lalu sisanya Rp200 miliar berasal dari induk usaha.

Eddi menambahkan, suntikan dana kepada pelaku fintech nanti tergantung dari valuasinya, sehingga suntikan dana juga nantinya dihitung dari berbagai pertimbangan seperti kebutuhan perusahaan tersebut dan sebagainya.

Ia mengungkapkan, untuk dapat meraih suntikan dana dari MCI, ada beberapa persyaratan. Pertama, perusahaan fintech yang memiliki produk yang sudah teruji di pasar. Kedua, bagaimana sinerginya dengan induk MCI yaitu Bank Mandiri.

“Secara umum memang bagaimana track record perusahaan tersebut, baik dari manajemennya, teknologinya dan produknya,” papar Eddi.

Perkembangan jumlah pelaku startup bisnis di Indonesia sendiri telah berkembang cukup pesat dengan model bisnis yang beragam. Hingga Januari 2016, Asosiasi FinTech Indonesia mencatat pelaku startup Financial Technology (FinTech) domestik yang beroperasi di Indonesia telah mencapai 165 perusahaan, atau tumbuh hampir mencapai 4 (empat) kali lipat dibanding Q4-2014 sebanyak 40 perusahaan. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News