M Adil Dicopot, Kursi Dirut Bank Sumsel Babel Kosong

M Adil Dicopot, Kursi Dirut Bank Sumsel Babel Kosong

Palembang – Meski kinerja Bank Sumsel Babel (BSB) kinclong dari sisi pertumbuhan dan kualitas selama 4 tahun terakhir ini, namun Muhammad Adil diberhentikan ditengah jalan sebagai Direktur Utama (Dirut) yang masa tugasnya baru diperpanjang untuk kedua kalinya pada Desember 2017 lalu.

Keputusan memberhentikan M Adil sebagai Dirut Bank Sumsel Babel ini diambil berdasarkan rapat umum pemegang saham (RUPS) yang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru selaku pemegang saham Bank Sumsel Babel, pada Kamis, 29 November 2018 di Palembang.

Menurut Gubernur Sumsel, kinerja M Adil yang kurang maksimal dalam memimpin Bank Sumsel Babel, menjadi alasan pihaknya memberhentikan M Adil. Hal ini tercermin dari realisasi penyaluran kredit yang tak sesuai target, serta pencapaian nasabah di tahun ini yang juga tidak sesuai target.

“Juli kemarin seharusnya sudah dievaluasi tapi karena ada kegiatan Asian Games, maka kami baru lakukan evaluas hari inii dan diputuskan jabatannya telah selesai,” ujarnya usai RUPS di Palembang, Kamis, 29 November 2018.

Empat tahun lalu tepatnya akhir 2014 aset Bank Sumsel Babel baru sebesar Rp16,06 triliun, kini per September 2018 lompat menjadi Rp23,2 triliun. Sedangkan laba bersih pada 2014 tercatat Rp250,6 miliar, lalu melonjak di September 2018 menjadi Rp276,7 miliar. Untuk kredit dari Rp10,8 triliun di 2014 menjadi Rp13,7 triliun di September 2018

Saat ini, kata Herman Deru, sudah ada tiga kandidat yang diajukan untuk menggantikan M Adil. Adapun tiga nama yang diajukan oleh Gubernur yakni Fikri, Samsudin dan satu lagi belum bisa disebutkan namanya, lantaran masih mengikuti proses fit and proper test dari pihak regulator (OJK).

Dalam RUPS juga diputuskan untuk mempertahankan dua Direktur lama yaitu Antonius Prabowo Argo selaku Direktur Pemasaran dan Samiluddin Direktur Umum yang juga merangkap Direktur Kapatuhan. Kedua Direksi ini akan bertugas extra guna mengisi kekosongan tugas Dirut, hingga Dirut yang baru dilantik.

Bank Sumsel Babel telah menerima beberapa penghargaan yakni:
1. ARA Award
2. The best Service Exc Infobank MRI
3. Top Bumd
4. Top Ceo BUMD
5. Kesehatan Bank PK 2 OJK
6. Dan masih banyak lagi penghargaan lainnya yang diterima BSB

Seperti lazimnya di Bank Pembangunan Daerah (BPD,) pergantian bukan urusan kinerja tapi soal selera, sudah biasa ganti Gubernur ganti Dirut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.