LPS Jual Sisa Saham di Bank J Trust Indonesia

LPS Jual Sisa Saham di Bank J Trust Indonesia

LPS menjual sisa saham sesuai dengan perjanjian jual-beli antara LPS dan J Trust Co, Ltd kala pengalihan saham di Bank Mutiara. Ria Martati

Jakarta– Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjual sisa kepemilikan sahamnya di PT Bank Mutiara, Tbk (BCIC) senilai Rp44 miliar. Saham 0,996% tersebut dilepas pada PT J-Trust Invesment Indonesia dengan persetujuan pemilik saham mayoritas J Trust Co, Ltd.

“Sudah terjual 25 Juni kemarin, jadi kami sudah tidak memegang lagi saham Bank Mutiara. Sisanya yang 0,004% itu publik, dari publik itu ada juga pemilik lama,” kata Director Policy Development Group LPS Suwandi saat acara Buka Puasa bersama LPS di Hotel Mulia, Jakarta, belum lama ini.

Sebelumnya, 99% saham Bank Mutiara dilepas pada J Trust Co, Ltd. sebesar Rp4,41 triliun. Sehingga, masih ada sisa saham sebesar 0,004% dimiliki publik.

J Trust adalah perusahaan holding investasi yang tercatat di Bursa Saham Tokyo (Tokyo Stock Exchange) dan membawahi bisnis-bisnis di berbagai sektor. Beberapa segmen bisnis yang ditangani J Trust diantaranya; perbankan, perusahaan pembiayaan, pinjaman konsumer, kartu kredit, dan penjamin kredit.

Suwandi mengatakan, pelepasan saham tersebut karena berdasarkan aturan, di tahun keenam LPS harus melepas seluruh kepemilikan sahamnya.

“Perjanjian jual beli 20 November lalu kita sudah menjual semuanya maksimal 99%, sisanya 0,996% sudah terlaksana 25 Juni lalu kita selesaikan, harganya sama per lembarnya, kita mendapatkan tambahan modal closing Rp44 miliar,” kata Suwandi. (*)

@ria_martati

Leave a Reply

Your email address will not be published.