Likuiditas Ketat, BRI Minta GWM Primer Turun Jadi 5%

Likuiditas Ketat, BRI Minta GWM Primer Turun Jadi 5%

Dengan penurunan GWM Primer menjadi 5 persen, maka likuiditas BRI akan bertambah Rp10 triliun. Hal tersebut tentu akan berdampak pada LDR perseroan yang saat ini berada pada level 93 persen. Sehingga, diharapkan LDR perseroan dapat kembali turun dibawah 93 persen.

“Kita kan pernah 5 persen GWM-nya, dana (DPK) kami sekarang Rp700 triliun, jadi nanti dihitung saja 1,5 persen, dari 6,5 persen turun ke 5 persen lalu dikali Rp700 triliun, jadi tambahannya itu sekitar Rp10 triliun,” tegas Haru.

Baca juga: Keluar dari Perang Likuiditas

Dia mengatakan, dengan tambahan likuiditas yang sebesar Rp10 triliun itu, maka perseroan akan lebih gencar melakukan ekspansi. “Kalau kita mau ekspansi lebih cepat lagi harus didukung dari ekosistemnya. Kalau GWM diturunkan jumlah yang tersimpan di BI kan berkurang maka itu kembali ke perbankan dan bisa dipake untuk ekspansi,” katanya.

Sebelumnya, Bank Sentral juga pernah memberikan sinyal untuk kembali melonggarkan GWM Primer dari level yang saat ini berada di 6,5 persen. Namun demikian, pihaknya masih mencermati ruang penurunan GWM Primer tersebut. Ruang pelonggaran GWM Primer yang masih terbuka ini, dinilai bisa mendorong likuiditas perbankan di 2017. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published.