Liburan 4 Hari 3 Malam di Riau? Pertimbangkan Itinerary Ini!

Liburan 4 Hari 3 Malam di Riau? Pertimbangkan Itinerary Ini!

Satu hal yang diperlukan jika Anda berencana bepergian ke area tertentu yang terbilang belum pernah dijajaki sebelumnya adalah membuat rencana perjalanan, atau bisa disebut dengan itinerary.

Namun, tidak mudah membuatnya, karena Anda memerlukan perencanaan yang matang, baik dari segi waktu, biaya, dan akomodasinya. Belum lagi, Anda harus mencari informasi terkait wisata yang dimiliki area tersebut, sehingga rencana yang disusun bisa tepat.

Nah, jika Anda berkesempatan berkunjung ke Riau dalam waktu 4 hari 3 malam dan masih bingung apa saja yang harus dilakukan setibanya di sana, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk melakukan rekomendasi itinerary ke Riau berikut ini.

Jalan-Jalan Ringan
ke Museum Sang Nila Utama

Anda pasti sudah tidak sabar untuk segera menjelajah indahnya Riau. Namun, karena baru hari pertama dan Anda baru saja tiba, jalan-jalannya sebaiknya yang ringan saja, jangan terlalu jauh dan melelahkan. Anda masih punya banyak waktu, kok. Sebaiknya simpan tenaga untuk wisata esok hari.

Setelah proses check-in hotel untuk menaruh barang, Anda bisa mulai mengunjungi lokasi menarik yang berkaitan dengan sejarah dan budaya. Museum Sang Nila Utama bisa menjadi awal wisata Anda, menyaksikan ratusan benda bersejarah terpajang rapi, menyimpan sejuta cerita unik dan menarik.

Selepas dari museum, Anda bisa melanjutkan perjalanan ringan dengan menyaksikan indahnya arsitektur bangunan Perpustakaan Soeman H.S. Gedungnya begitu unik, desain bangunannya sangat modern. Terakhir, wisata religi dengan mengunjungi Masjid Agung An-Nur yang mirip dengan Taj Mahal India juga tak ada salahnya.

Wisata Sejarah, Budaya, dan Religi

Hari kedua Anda di Riau, Istana Siak Sri Indrapura menjadi tujuan yang harus dikunjungi. Dari pusat Kota Riau, istana ini berjarak 2,5 jam berkendara. Apa yang bisa Anda dapatkan di istana ini? Tentu saja mengagumi arsitektur bangunannya yang mewah dan megah. Anda perlu tahu, Istana Siak Sri Indrapura adalah peninggalan salah satu kerajaan bersejarah yang paling besar di Riau.

Setelah puas melihat-lihat dan memelajari sejarahnya yang panjang, perjalanan hari kedua bisa Anda lanjutkan menuju ke Balai Kerapatan Adat Siak yang kental adat dan budayanya, masjid Raya Syahabuddin dengan cerita sejarahnya yang begitu menarik, juga Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Singkatnya, perjalanan hari kedua ini berfokus pada wisata sejarah, budaya, dan religi.

Wisata Kuliner dan Belanja

Menuju hari ketiga, saatnya Anda mencicipi berbagai kuliner khas Riau. Nikmati berbagai sajian dengan rasa yang begitu unik dan otentik. Kunjungi area Pecinan di Pekanbaru untuk mencicipi aneka kuliner khas Peranakan. Isi waktu siang dengan bersantap di Kedai King untuk mencoba menu lontong pecel atau Kedai Indah Ria untuk menjajal nikmatnya bakpau atau kwetiau goreng dan segelas es kopi susu segar.

Sementara untuk urusan belanja, Dewan Kerajinan Nasional Daerah menawarkan beragam pernak-pernik khas Riau, seperti kain songket, tenun, dan beragam benda unik khas Melayu yang terbuat dari kayu. Lalu, kunjungi pula Pasar Bawah untuk membeli camilan impor dari Malaysia dan Singapura. Terakhir, tutup malam dengan bersantap di Sultan Resto dan cicipi aneka makanan khas daerah ini, salah satunya adalah patin bakar bambu.

Perjalanan Pulang

Akhirnya, perjalanan Anda di Riau pun harus berakhir. Menyenangkan, bukan? Sebaiknya, hari terakhir ini Anda gunakan untuk mengepak barang, meneliti kembali apakah ada barang yang tertinggal. Jangan sampai lupa, masukkan semua dan cek kembali sebelum meninggalkan hotel.

Bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan ide baru untuk membuat rencana perjalanan? Jangan lupa pesan tiket pesawat ke Riau lewat Airy. Pilih tiket pesawat Lion Air yang harganya terjangkau. Liburan ke Riau bersama Airy dijamin aman dan bebas penipuan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.