Lembaga Internasional : Keuangan Pelindo III Stabil

Lembaga Internasional : Keuangan Pelindo III Stabil

Surabaya – Tiga lembaga pemeringkat internasional Moody’s, Standard & Poor (S&P), dan Fitch telah memberikan rating Baa3, BB+, BBB- semuanya dengan outlook stable untuk PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. Artinya, ketiganya menyatakan keuangan pelindo III stabil.

Direktur Keuangan Pelindo III, U. Saefudin Noer mengatakan bahwa Standard & Poor resmi memberikan peringkat BB+ untuk kredit korporasi jangka panjang dan axBBB untuk peringkat jangka panjang skala regional ASEAN bagi Pelindo III. Hal ini membuktikan Keuangan Pelindo III stabil.

S&P memberikan outlook perusahaan dengan kategori stabil. S&P juga menyematkan BB+ untuk peringkat penerbitan jangka panjang bagi senior unsecured notes yang diterbitkan oleh Pelindo III.

“Pelindo III dinilai memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi dengan arus kas yang stabil pada operasional berbagai pelabuhan di Indonesia bagian tengah dan timur,” ujar Saefudin, Kamis (10/11).

Sejumlah pelabuhan di wilayah Pelindo III terutama di Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Emas, Semarang dapat menjadi andalan untuk mendukung arus kas dan profitabilitas perseroan. Kedua pelabuhan itu berada di kota terbesar kedua dan kelima di Indonesia. Pelabuhan tersebut berada di wilayah sentra manufaktur dan pusat industri Indonesia.

Pelabuhan Banjarmasin juga menjadi pelabuhan penting bagi pengapalan logistik ke Kalimantan dan sebagai pelabuhan muat  untuk dikirim keluar pulau. Begitu pula pelabuhan Benoa, Bali yang menyediakan akses bagi kapal barang maupun kapal pesiar. (Selanjutnya : Moody’s dan Fitch Rating nyatakan peringkat Pelindo III bagus)

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.