Kurang Persiapan Pensiun, 50% Purnawirawan Utang ke Bank

Kurang Persiapan Pensiun, 50% Purnawirawan Utang ke Bank

Jakarta–Direktur Utama PT Asabri (Persero) Sonny Widjaja mengungkapkan, sebanyak 50 persen dari pensiunan TNI, Polri dan Kementerian Pertahanan masih memiliki pinjaman di bank ketika pensiun.

“Tercatat di kami bahwa 50 persen dari pensiunanan TNI dan Polri dan Kementerian Pertahanan masih memiliki pinjaman di bank ketika pensiun. Inilah bukti kurangnya persiapan menyiapkan dana pensiun,” ujar Sonny di Jakarta, Kamis, 20 April 2017.

Baca  juga: 90% Pekerja Indonesia Belum Siapkan Dana Pensiun

Ia menilai, kehidupan anggota TNI dan Polri dan pegawai Kementerian Pertahanan yang sebelumnya terbiasa tinggal di asrama tanpa biaya sewa membuat mereka kurang persiapan pensiun.

Ironisnya lagi, Sonny menambahkan, mengacu pada data Manulife, sekitar 7 dari 10 pensiunan yang tetap harus bekerja untuk melanjutkan hidup.

Baca juga: Peserta Dana Pensiun di Indonesia Cuma 21%

Ia berharap dengan dilaksanakan kampanye Pension Day 2017 dapat membantu para purnawirawan ini dalam menata hari tuanya. Asabri sendiri Asabri akan terus mendorong dan mendukung terselenggaranya jaminan pensiun.

“Intinya sih sosialisasi soal dana pensiun. Pemahaman soal pentingnya dana pensiun membuat pekerja, baik di pemerintahan atau bukan, lebih siap. Kami akan sosialiasikan secara lebih masif. Harapannya, pensiun ya enggak ada pinjaman di bank,” ujar Sonny. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.