KUR Produktif untuk Industri Kecil

KUR Produktif untuk Industri Kecil

Agar lebih optimal dalam mendukung kegiatan produktif, Presiden Joko Widodo menginginkan kualitas penyaluran UMKM dan KUR diperbaiki dan lebih menjangkau semua sektor, terutama sektor produktif. Pada 2017, dari target penyaluran KUR sebesar Rp120 triliun, yang mengucur ke sektor produktif diharapkan mencapai 40%. Mengarahkan pembiayaan UMKM ke sektor produktif seperti IKM penting dilakukan untuk mendukung sektor industri manufaktur.

Namun, diperlukan peningkatan kemampuan dan spesialisasi berdasarkan competitive advantage agar IKM lebih berkembang dan kompetitif. Juga, dukungan antarinstansi dan lembaga pemerintah yang berperan dalam memberikan pendampingan untuk menjadikan IKM sebagai bagian dari mata rantai pasokan industri maupun barang substitusi impor.

Bila perbankan melihat IKM dan sektor padat karya kurang menarik karena pertimbangan risiko, melalui pemantapan skema produksi dan bisnis, skema penjaminan kredit selanjutnya dapat menjadi solusi untuk mendorong pembiayaan ke sektor-sektor tersebut. Dengan mendorong IKM, kontribusi UMKM terhadap perekonomian diharapkan bisa ditingkatkan, tidak hanya memperluas distribusi kue pembangunan ekonomi, tapi juga ikut memperkuat struktur perekonomian. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Your email address will not be published.