Kunjungan Kapal di Tanjung Perak Melonjak

Kunjungan Kapal di Tanjung Perak Melonjak

Surabaya – Jumlah kunjungan kapal domestik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meningkat pesat. Hingga semester I 2016, jumlah kunjungan kapal di pelabuhan yang dikelola Pelindo III ini tumbuh 1,13% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada periode tersebut, jumlah kunjungan kapal di pelabuhan terbesar kedua di Indonesia ini mencapai 7.261 unit.

Kapal pengangkut peti kemas menjadi kapal yang paling banyak datang yakni 2.875 kunjungan, disusul kapal pengangkut general cargo sebanyak 1.074 kunjungan, dan kapal penumpang sebanyak 723 kunjungan. Capaian jumlah kedatangan kapal pada bulan Juni 2016 tersebut mendorong Pelabuhan Tanjung Perak mampu menembus target semester pertama sebesar 7.179 kunjungan.

“Pencapaian target kunjungan kapal menjadi impresi yang positif terhadap kinerja pelabuhan dalam menangani segala jenis komoditas yang diangkut oleh kapal-kapal tersebut, terutama bagi pelayaran dalam negeri,” ungkap Joko Noerhudha, GM Pelindo III Tanjung Perak.

Peningkatan arus kapal secara signifikan, lanjut Joko, terjadi pada Juni yakni sebesar 41%.  Sementara untuk arus kapal pelayaran luar negeri, jumlah kunjungannya relatif stabil dengan rata-rata 179 kedatangan setiap bulannya, terhitung sejak Januari sampai dengan Juni.

“Rasio perbandingan pelayaran asing dan domestik adalah 1 banding 6, dengan rincian 1.034 kunjungan kapal asing dan 6.227 kunjungan kapal domestik,” terang Joko.

Meski demikian, rasio secara tonase berbanding tipis yaitu 1 banding 1,2 dengan rincian tonase kapal asing 21 juta ton dan kapal domestik 25 juta ton.

Joko menambahkan, Pelabuhan Tanjung Perak mampu melampaui target, yaitu di atas 8%, untuk penanganan komoditas general cargo, curah kering, dan curah cair (baik BBM maupun non BBM). Sementara  untuk komoditas peti kemas, pelabuhan ini  mampu menangani sebanyak 296.137 TEUs atau mencapai 46% dari target yang ditetapkan dalam satu tahun, yakni 650.766 TEUs. Nilai tersebut belum termasuk jumlah yang didapat dari terminal yang dikelola anak perusahaan Pelindo III, seperti Terminal Petikemas Surabaya dan BJTI Port.

Hingga semester I 2016, arus penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak tercatat sebanyak 206.248 orang dengan komposisi, 56% penumpang debarkasi dan 44% penumpang embarkasi. (*)

Related Posts

News Update

Top News