Kuartal III-2017 Pembiayaan Baru Adira Finance Tumbuh 8%

Kuartal III-2017 Pembiayaan Baru Adira Finance Tumbuh 8%

Jakarta – PT Adira Finance mengaku telah menyalurkan pembiayaan baru sebesar Rp23,8 triliun hingga kuartal III 2017. Angka tersebut mengalami pertumbuhan hingga 8 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang yakni Rp22,1 triliun.

“Alhasil, piutang pembiayaan yang dikelola (managed receivables) tercatat sebesar Rp44,4 triliun,” ujar Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli di Jakarta, Kamis, 2 November 2017.

Dia menjelaskan, dari total penyaluran pembiayaan baru yang mencapai Rp23,8 triliun hingga bulan September 2017, portofolio sepeda motor yang disalurkan sebesar Rp13,4 triliun. Selanjutnya portofolio mobil sebesar Rp9,8 triliun dan barang rumah tangga (durables) sebesar Rp605 miliar.

Dengan demikian, kata dia, pembiayaan sepeda motor merupakan kontributor utama pembiayaan baru kami, yakni sebesar 56 persen, yang kemudian diikuti oleh pembiayaan mobil sebesar 41 persen dan sisanya adalah barang-barang rumah tangga.

“Adapun, pendorong pertumbuhan penyaluran pembiayaan yang terbesar adalah pada produk sepeda motor bekas dan mobil baru,” jelas Hafid.

Secara pangsa pasar, jumlah unit sepeda motor baru dan mobil baru yang dibiayai perusahaan terhadap penjualan industri domestik masing-masing berada pada level 11,2 persen dan 4,2 persen. Menurutnya, salah satu competitive edge yang perlu dimiliki oleh suatu perusahaan pembiayaan adalah pendanaan yang selalu mencukupi dan cost of fund yang optimal.

“Karenanya, Adira Finance telah menerapkan strategi diversifikasi sumber pendanaan sejak lama, yakni melalui skema pembiayaan bersama dan pendanaan eksternal yang terdiri dari pinjaman perbankan baik dari dalam maupun luar negeri dan surat utang dalam negeri,” ucapnya.

Sementara dari sisi jumlah piutang pembiayaan yang didanai melalui skema pembiayaan bersama tercatat sebesar Rp17,3 triliun, atau setara dengan 39 persen dari piutang pembiayaan yang dikelola. Selain itu, perseroan juga telah memiliki total pendanaan di luar pembiayaan bersama yang sebesar Rp20,5 triliun.

Komposisi pendanaan melalui pinjaman perbankan dan pasar modal adalah 52:48 persen. Gearing ratio terjaga pada tingkat 3,7 kali. Di sisi lain, untuk memitigasi risiko kredit perseroan telah sepenuhnya melakukan full hedging atas pinjaman dalam mata uang asing,” tambah Direktur Keuangan Adira Finance I Dewa Made Susila. (*)

Related Posts

News Update

Top News