Kredit Infrastruktur Bank BUMN Capai Rp330 Triliun

Kredit Infrastruktur Bank BUMN Capai Rp330 Triliun

Jakarta РPerbankan nasional khususnya Bank BUMN dipercaya memiliki peran penting dalam pembangunan infrastruktur nasional yang telah dicanangkan oleh Pemerintah. Hingga tahun 2018 saja tercatat 49% dari seluruh kredit infrastruktur telah dijalankan oleh bank BUMN.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Manajemen Risiko PT BNI (Persero) Tbk Bob Tyasika Ananta pada acara seminar mengenai infrastruktur di Graha CIMB Niaga Jakarta. Ia menyebutkan, total keseluruhan kredit infrastruktur perbankan BUMN telah mencapai Rp330 triliun.

“Bank BUMN seperti BNI, Mandiri, serta BRI telah menyalurkan kredit di sektor infrastruktur sebanyak Rp330,2 triliun selama 2018,” katanya di Jakarta, Selasa, 19 Februari 2019.

Baca juga: BUMN Buat Kepercayaan Investor Infrastruktur Meningkat

Dari komposisi tersebut Bob menambahkan, Bank Mandiri tercatat telah menyalurkan kredit infrastruktur paling tinggi senilai Rp182,3 triliun, sedangkan BNI Rp 110,6 triliun, dan terakhir BRI Rp37,3 triliun.

Sementara untuk porsi BNI sendiri tercatat telah mencapai 23% dari keseluruhan kredit bank BUMN yang menyasar sektor infrastruktur.

Dirinya berharap, kedepan peran BUMN khususnya perbankan dapat terus ditingkatkan dengan penyaluran kredit infrastruktur yang lebih menyeluruh dan maksimal. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.