Kiat Tepat Cegah Kecurangan Karyawan dengan Asuransi

Kiat Tepat Cegah Kecurangan Karyawan dengan Asuransi

Tindak kejahatan dan kecurangan bisa terjadi kapan saja. Selama ada kesempatan, siapa pun yang tergoda pasti akan melakukannya. Hal ini tak terkecuali bagi karyawan-karyawan anda yang duduk di posisi mana pun. Oleh karena itu, tindak pencegahan kecurangan menjadi hal yang krusial sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Berikut adalah tips atau cara yang bisa anda terapkan untuk mengantisipasi kecurangan karyawan:

1. Lakukan audit teratur

Langkah paling konkrit adalah audit yang teratur oleh auditor internal. Dengan adanya audit keuangan berkala, potensi kecurangan akan semakin mengecil. Si auditor internal ini nantinya tak hanya akan melakukan tindakan pencegahan kecurangan/fraud, tetapi juga mampu memberikan solusi terhadap masalah yang sudah terjadi.

2. Perbaiki kultur bekerja

Terkadang, kecurangan juga dapat terjadi karena karyawan membawa kultur bekerja yang kurang baik masuk ke dalam kantor. Untuk mengatasi hal ini, pastikan agar semua karyawan mengikuti SOP yang berlaku. Dengan adanya penekanan SOP, kultur kerja yang tak baik tersebut dapat hilang dan tak menimbulkan potensi kecurangan.

3. Berikan training manajemen keuangan

Penyebab utama terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan adalah karena masalah keuangan yang melilit para karyawan. Tak jarang, masalah keuangan tersebut timbul karena manajemen keuangan yang buruk. Dengan adanya training keuangan, karyawan anda dapat lebih efisien lagi dalam mengelola gajinya dan mengurangi potensi untuk melakukan fraud.

4. Perkuat sistem keamanan dan transparansi

Sistem dan transparansi menjadi benteng utama dalam mencegah kecurangan karyawan. Dengan sistem keamanan yang kuat, kesempatan karyawan untuk melakukan kecurangan akan semakin kecil. Selain itu, transparansi data juga dapat mencegah terjadinya kecurangan karena semakin banyaknya pihak yang mengawal proses perputaran uang dalam perusahaan.

5. Lindungi usaha anda dengan asuransi

Untuk memberikan rasa aman akan kecurangan, anda dapat memberikan proteksi usaha dengan asuransi. Jika tindak kecurangan terjadi, anda tak perlu khawatir lagi karena pihak asuransi akan mengcover kerugian anda. Asuransi Tugu dapat menjadi pilihan anda dengan berbagai macam pilihan produk yang ada.

Asuransi Tugu memiliki produk asuransi ketidakjujuran (Fidelity Guarantee Insurance). Produk asuransi atas ketidakjujuran (fidelity guarantee insurance) akan memberikan ganti rugi terhadap pemilik usaha atas kehilangan uang, cek, saham dan harta benda.

Produk ini juga mengcover kerugian lainnya yang diakibatkan oleh ketidakjujuran atau kecurangan karyawan yang dilakukan secara perorangan maupun bersekongkol dengan pihak lain. Selain itu, asuransi ketidakjujuran ini juga melindungi pemilik usaha dari pemalsuan, manipulasi data dan/atau pemalsuan tanda tangan,  termasuk niat nyata dan/atau pemalsuan dan/atau tindakan jahat penipuan dokumen oleh karyawan.

Dengan memiliki asuransi ini, anda tak perlu khawatir akan tindak kecurangan yang mungkin saja terjadi. Anda pun akan semakin merasa aman dalam menjalankan usaha dengan asuransi ketidakjujuran dari Asuransi Tugu. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.