Ketua KPK Terpilih, Mantan Kepala LKPP

Ketua KPK Terpilih, Mantan Kepala LKPP

Jakarta–Komisi III DPR-RI dalam sidangnya Kamis, 17 Desember malam, akhirnya memilih 5 nama sebagai pimpinan Komisi Pemberantaran Korupsi (KPK) periode 2015-2020.

Kelima nama itu adalah Agus Rahardjo sebagai Ketua, ia pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan). Kedua adalah Brigen Polisi Basaria Pandjaitan yang merupakan mantan Widyaswara Polri, nama ketiga adalah Alexander Marwata yang merupakan Hakim Ad Hoc Tipikor Jakarta. Nama keempat yang dipilih adalah Saut Situmorang, Staf Ahli Kepala BIN,  dan terakhir Laode Muhammad Syarif yang dianggap mewakili kalangan akademisi, ia merupakan Akademisi Universitas Hasanudin, Makassar.

Semalam, Komisi III DPR melakukan voting setelah upaya musyawarah mufakat tidak tercapai. Voting tersebut diikuti oleh 54 anggota. Lima calon terpilih adalah Agus Rahardjo (53 suara), Basaria Panjaitan (51 suara), Alexander Marwata (46 suara), Laode Muhammad Syarif (37 suara), dan Saut Situmorang (37 suara) sebagai pimpinan KPK periode 2015-2019. Kemudian Komisi III kembali melakukan voting untuk menentukan ketua, dalam voting itu Agus mengantongi 44 suara, lebih unggul dibanding empat pimpinan terpilih KPK lainnya. (*) Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News