Kepastian The Fed Pangkas Bunga Buat Kurs Rupiah Dekati Rp14.000/US$

Kepastian The Fed Pangkas Bunga Buat Kurs Rupiah Dekati Rp14.000/US$

Jakarta — Pergerakan nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat (US$) pada hari ini (11/7) diperkirakan akan menguat hingga mendekati Rp14.000 seiring dengan sentimen positif penurunan suku bunga acuan The Fed pada periode bulan Juli 2019.

Hal tersebut disampaikan Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra ketika dihubungi oleh infobanknews di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019. Dirinya menjelaskan, malam hari tadi Gubernur The Fed telah memberikan pernyataan terhadap peluang penurunan suku bunga acuan miliknya.

“Rupiah kemungkinan menguat. Semalam Jerome Powell, Gubernur The Fed, dalam testimoninya di hadapan Komite Keuangan DPR AS, membuka kemungkinan pemangkasan suku bunga acuannya di Rapat the Fed di akhir Juli ini,” kata Ariston.

Dengan adanya penurunan suku bunga The Fed tersebut, diperkirakan akan memberikan sentimen positif terhadap suku bunga Bank Indonesia (BI) yang mengikuti pergerakan The Fed.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dilansir Bloomberg, perdagangan hari ini (11/7) hingga pukul 09.40 WIB, rupiah bergerak menguat 0,35 persen menjadi Rp14.082 per dolar AS.

Sementara berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (11/7) kurs referensi Jisdor berada di level Rp14.089/US$, atau tercatat menguat dari posisi kemarin (10/7) Rp14.152/US$. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.