Kementerian PUPR: Kesiapan Jalur Mudik 2018 Sudah 90%

Kementerian PUPR: Kesiapan Jalur Mudik 2018 Sudah 90%

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan sampai saat ini kesiapan jalur mudik 2018 sudah 90 persen.

Kepala Sub Direktorat Analisa Data dan Pengembangan Sistem Ditjen Bina Marga PUPR, Nazib Faisal mengatakan pihaknya telah menyiapkan secara maksimal infrastruktur mudik jelang Lebaran 2018, baik jalan tol dan juga jalan nasional.

“Untuk kesiapan mudik, Kementerian PUPR memprediksi kita bisa bicara 90 persen selesai per hari ini. Khususnya untuk arus mudik di pulau Jawa, pemerintah memberikan tiga rute jalur mudik yang bisa menjadi pilihan masyarakat yakni, lintas Pantai Utara (Pantura), lintas tengah, dan lintas Pantai Selatan (Pansela),” ujar Nazib di Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Baca juga: Pertamina Jual Premium Kemasan 1 Liter Selama Mudik Lebaran

Tiga rute tersebut yakni, Pantura sejauh 1.300km, lintas tengah 1.197km, dan paling jauh ya Pansela sejauh 1.405km.

“Diharapkan dengan kehadiran Pansela, secara ekonomi bisa mengakselerasi roda ekonomi di kawasan selatan, dan memecah trafic”, ujar Nazib.

Selain itu, PUPR juga menyiapkan 588 posko yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dimana, sekitar seperempat diantaranya terdapat di pulau Jawa, dengan rincian sebanyak 22 posko di Jawa Barat, 23 posko di Jawa Tengah, 27 di Jawa Timur dan Yogyakarta.(Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.