Kemenkominfo Yakin Ekonomi Digital Capai USD130 Miliar di 2020

Kemenkominfo Yakin Ekonomi Digital Capai USD130 Miliar di 2020

Jakarta–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) optimis target pencapaian ekonomi digital Indonesia bisa mencapai USD130 miliar hingga tahun 2020.

Hal tersebut didorong oleh besarnya potensi bisnis digital di Indonesia didorong oleh semakin tumbuh dan berkembangnya industri e-Commerce (belanja online). Juga dengan mulai diberlakukannya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway (NPG).

“Kita ada National Payment Gateway ini yang akan buat pendorong. Ini kan logonya Garuda. Bisa dibayangkan transaksi perdagangan e-Commerce ke depan. Misal generasi milenial yang dilakukan secara online. Saya yakin itu bisa tercapai 2020,” ungkap I Nyoman Adhiarna selaku Kasubdit Tata Kelola e-Business, Kemenkominfo pada acara Markplus Center Digital Commercialization di menara 88, Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2017.

Baca juga: Pemerintah Siap Tarik Pajak dari e-Commerce

Dirinya menambahkan, untuk angka transaksi hingga USD130 miliar ini dinilai tidak terlalu ambisius, melihat negara-negara ASEAN lain yang mampu menciptakan transaksi e-commerce di atas angka tersebut.

“Target kita buat sudah melalui studi yang mendalam. Namun kalau dibandingkan Negara lain di ASEAN bisnis e commerce kita paling rendah. Dibanding Malaysia, Thailand, (apalagi) dibandingkan Tiongkok. Jadi kembali target tidak terlalu ambisius, karena kita masih rendah dibanding lain,” Jelas Nyoman.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi menargetkan jika pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia bisa mencapai 11 persen dari total Gross Domestic Product (GDP) pada tahun 2020. Dengan kata lain maka ekonomi digital diharapkan bisa mencapai USD130 miliar. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

411 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.