Kemendag : 2017, Total Ekspor Capai USD 170,30 Miliar

Kemendag : 2017, Total Ekspor Capai USD 170,30 Miliar

Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatatkan total ekspor mencapai USD 170,30 miliar hingga Desember 2017, yang terdiri dari ekspor migas sebesar USD 15,50 miliar dan ekspor nonmigas USD 154,80 millar.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita juga optimis dapat menumbuhkan angka eksport pada tahun 2018 sebesar 5-7%.

“Yang menggembirakan ekspor nonmigas pada Januari hingga November 2017 (YoY) tumbuh sebesar 17,20 persen dan merupakan pertumbuhan tertinggi sejak tahun 2012. Sementara ekspor pada tahun 2018 ditargetkan tumbuh sebesar 5 persen hingga 7 persen,” ungkap Enggar pada Konfrensi Pers Kinerja Tahun 2017 Kementerian Perdagangan di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.

Enggar menyebutkan, untuk meningkatkan kinerja ekspor pada tahun 2018 mendatang, selain menyasar pasar tradisional seperti China, Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa, Kemendag akan terus melakukan penetrasi pasar ekspor ke negara-negara non-tradisional.

Selain itu Kemendag secara serius akan meningkatkan perdagangan di kawasan Afrika dengan Afrika Selatan, Nigeria, dan Mesir, salah satunya dengan melakukan misi dagang.

Sedangkan di kawasan Amerika Latin, Kemendag masuk melalui Chile dengan menyelesaikan Kesepakatan Kerja Sama Ekonomi indonesia-Chile (lC CEPA) dan misi dagang.

“Pada misi dagang di kawasan Afrika dan Amerika Latin Kemendag sukses menghasilkan total transaksi sebesar USD 3,6 miliar,” tambah Enggar.

Dirinya juga menyebut, kinerja yang positif ini juga berkat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik dari para pedagang hingga seluruh kementerian di Pemerintahan. Dirinya berharap sinergi yang baik ini akan terus berlanjut pada tahun 2018 guna meningkatkan perekonomian nasional.

“Ini kinerja Pemerintahan RI, bukan hanya Kemendag. Karena orkestrasi yang dipimpin beliau Presiden Jokowi mampu untuk menghasilkan ini. Dan ini beliau sendiri yang langsung pimpin bagaimana memimpin ini,” tukas Enggar.(*)

508 total views, 7 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.