Kembangkan Semangat Kebangsaan Guna Menjaga Ekonomi RI

Kembangkan Semangat Kebangsaan Guna Menjaga Ekonomi RI

Jakarta – Semangat kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi para pemimpin ekonomi, dalam upaha menjaga perekonomian nasional. Hal ini semakin nyata di tengah tatanan ekonomi dunia saat ini yang semakin global, yang menghasilkan kesempatan dan tantangan baru.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia ke-6, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin, 22 Mei 2017. Menurutnya, untuk beradaptasi dengan baik, Indonesia memerlukan patriotisme dan nasionalisme dengan pola pikir yang lebih global.

“Pentingnya generasi penerus dan calon pemimpin bangsa untuk kembali kepada nilai-nilai Pancasila serta semangat kebangkitan nasional harus ditekankan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, ada beberapa aspek penting yang masih sangat relevan dengan keadaan yang ada saat ini, antara lain berupa kesadaran kolektif tentang perlunya perubahan, adanya sumber daya yang dapat dimobilisasikan, serta tujuan yang hendak dicapai.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI, Agus Dw Martowardojo, menambahkan, bahwa komitmen pembangunan ekonomi bangsa yang berkelanjutan harus didukung oleh para pemimpin yang tidak hanya memiliki kapabilitas dan kompetensi tetapi juga memiki sikap kenegarawanan dan semangat Pancasila.

“Ke depan, pemikiran bangsa harus terus diperjuangkan dengan langkah kerja nyata. Peran serta pemimpinan baik pemerintah ataupun swasta sangat penting di sendi-sendi masyarakat termasuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur,” tutupnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News