Kembangkan Khasanah Literatur, BI Luncurkan 2 Buku Keuangan Syariah

Kembangkan Khasanah Literatur, BI Luncurkan 2 Buku Keuangan Syariah

Surabaya – Selain mendukung pengembangan industri keuangan syariah, Bank Indonesia (BI) juga terus berkomitmen dalam pengembangan sektor pendukung seperti sistem pendidikan terkait penyediaan SDM yang berkualitas. Hal ini direalisasikan melalui BI Institute dengan meluncurkan dua buku keuangan syariah dengan judul “Keuangan Publik dan Sosial Islam: Teori dan Praktik” dan “Model Bisnis Keuangan Mikro Syariah Indonesia”.

Kepala BI Institute Solikin M. Juhro berharap, kedua buku ini mampu melengkapi seri buku sebelumnya, dan yang paling penting adalah kedua buku ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat umum dan masyarakat akademisi khususnya untuk mengetahui lebih jauh tentang dinamika praktik keuangan mikro syariah yang ada di Indonesia.

“Seperti tahun-tahun yang lalu, kali ini Bank Indonesia kembali menambah khasanah literatur ekonomi dan keuangan syariah, dengan menerbitkan dua buku penting bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air,” kata Solikin di Surabaya, Kamis 7 November 2019.

Solikin menabahkan ,sejak tahun 2015 BI Institute telah aktif menerbitkan beberapa buku yang telah menjadi referensi dalam pengajaran ekonomi dan keuangan syariah, diantaranya adalah: “Perbankan Syariah di Indonesia: Kelembagaan dan Kebijakan serta Tantangan ke Depan” tahun 2015; lalu dilanjutkan “Dinamika Produk dan Akad Keuangan Syariah di Indonesia” pada tahun 2016.

Selain itu BI juga pernah menerbitkan “Memberdayakan Keuangan Mikro Syariah Indonesia” pada tahun 2017; dan buku “Masa Depan Keuangan Syariah Indonesia” di tahun 2017; serta buku (kelima dan keenam): “Peta Keuangan Mikro Syariah Indonesia” dan buku “Kebijakan Moneter Syariah dalam Sistem Keuangan Ganda” di tahun 2018.

Tak hanya peluncuran buku, untuk kategori jurnal ilmiah, perlu diketahui bahwa melalui Bank Indonesia Institute, Bank Indonesia telah menerbitkan jurnal ilmiah berupa Bulletin of Monetary Economic and Banking (BMEB) dan Journal of Islamic Monetary Economic and Finance (JIMF). Dan dalam kategori penerbitan buku, buku yang diterbitkan kali ini merupakan buku ketujuh dan kedelapan oleh Bank Indonesia dalam kurun waktu empat tahun kebelakang. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.