Kembali Salurkan KUR, BRI Siapkan Rp21 Triliun

Kembali Salurkan KUR, BRI Siapkan Rp21 Triliun

Program KUR dinilai BRI sangat mendukung bisnis perseroan yang memiliki fokus di segmen mikro. Paulus Yoga

Jakarta–PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengklaim siap menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada bulan ini.

BRI sendiri menjadi satu-satunya bank penyalur program warisan pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Program ini dipertahankan karena dinilai cukup berhasil mendukung perkembangan usaha mikro di Tanah Air.

Launching KUR lusa sebelum 17 Agustus. Tanggal 14 (Agustus) launching, 13 Agustus perjanian kerja sama dengan Jamkrindo dan Askrindo. Fokus di empat sektor yakni pertanian, perikanan, industri dan perdagangan yang terkait,” ujar Direktur Utama BRI, Asmawi Syam di Gedung BRI, Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2015.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya menyiapkan anggaran Rp21 triliun untuk KUR tahun ini. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp17 triliun akan disalurkan ke segmen mikro, dan sisanya ke segmen ritel.

“Bunga 12% yang dibayar nasabah, tapi BRI terima tambahan bunga dari subsidi pemerintah. Dalam kondisi pelambatan ekonomi seperti saat ini nasabah mikro sangat tertolong KUR,” tandasnya.

Perseroan mencatat outstanding KUR mengalami penurunan dari Rp23,6 triliun pada Juni 2014, menjadi Rp13 triliun pada Juni 2015. Penurunan outstanding KUR akibat peluncuran kembali program ini yang baru bisa dilakukan pada semester dua tahun ini. (*)

@bangbulus

Related Posts

News Update

Top News